Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

MANFAAT BUAH TIN ATAU ARA UNTUK KESEHATAN

Buah tin sudah dikenal sebagi buah yang sangat sehat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Buah tin memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dari vitamin B kompleks,Vitamin A, C, dan K juga tembaga, mangan, zat besi, mineral kalium, magnesium, seng, dan kalsium.

Buah tin merupakan salah satu buah yang memiliki buah dengan kasium tertinggi. Dengan kandungan kalsium yang optimal ini akan efektif melawan dekalsifikasi tulang dan meningkatkan kepadatan tulang .

Selain itu kandungan kalium yang ada pada buah tin atau buah ara akan bekerja untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Masih banyak manfaat buah ara atau buah tin yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya adakah:

-Mengatasi Diabetes

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa  daun pohon ara dapat membantu memerangi diabetes.
Sementara buahnya juga merupakan sumber polifenol yang yang tinggi.

-Anti Kanker

Polifenol merupakan zat penting yang  memiliki efek anti-inflamasi untuk memberikan perlindungan terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular.

Karena tinggi polfenol ini memberikan efek baik dan jika anda meminum jus buah tin secara teratur maka risiko penyakit Alzheimer dapat dikurangi hingga 76 persen.

-Menjaga Kesehatan Kulit

Buah tin juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan kulit, buah ara kaya akan asam lemak Omega-3, yang akan menjaga  kulit Anda lebih sehat dan bebas kusam.

Manfaat lain dari buah tin untuk kesehatan kulit adalah karena kandungan zat anti-inflamasi pada buah ara, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi penyakit jerawat.

Kulit juga bisa menderita peradangan. Ini sering dapat diketahui oleh jerawat dan beberapa orang  karena keluhan eksim.

Asam lemak omega 3 pada buah tin juga membantu mengurangi peradangan dan dengan demikian untuk kulit yang lebih baik.

Polifenol yang membantu melawan nilai-nilai inflamasi juga membantu membuat kulit tampak muda, sehingga mencegah penuaan dini.

Ini karena buah tin memilki manfaat sebagai antioksidan. Antioksidan akan menahan bahaya  radikal bebas sehingga mencegah kerusakan jaringan sel yang bisa berakibat kerusakan pada kulit.

Anda juga bisa membuat sendiri masker wajah dengan menumbuk buah tin dan mencampurnya dengan sedikit air.

Oleskan pada wajah Anda dan biarkan selama sekitar sepuluh menit, lalu bilas masker seperti biasanya dan lihat bagaimana kulit akan lebih bercahaya setelah setelah beberapa kali pemakaian.

-Menurunkan Berat Badan

Jika menginginkan untuk memiliki tubuh yang lebih langsing buah tin juga memberikan efek yang baik untuk dijadikan jus dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Buah tin memiliki kandungan serat, buah tin atau buah ara juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Penting untuk menjaga berat badan ideal karena kelebihan berat badan dapat mempengaruhi:
Diabetes tipe II, Tekanan darah, dan Kolesterol.
Risiko diabetes tipe II lebih rendah jika Anda menurunkan berat badan berlebih.

Kandungan lemak yang berlebih akan membuat jantung bekerja ekstra dengan memompa darah.

Kolesterol juga lebih rendah jika terjadi penurunan berat badan yang baik.

Serat makanan pada buah tin akan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat, sehingga memungkinkan makan secukupnya saja.

-Menangkal Radikal Bebas

Buah tin juga merupakan buah yang kaya antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas, salah satu bahaya radikal bebas adalah menyebabkan kerusakan sel dan jaringan tubuh, sehingga mengkonsumsi buah yang kaya antioksidan dapat mencegah peuaan dini termasuk buah tin, sebagai buah yang dapat mencegah penuaan dini.

-Buah Tin Baik Untuk Pencernaan

Buah tin mengandung serat sehingga buah ini membantu dengan baik untuk mendukung fungsi usus dan melawan wasir.

Dengan mengkonsumsi buah tin itu artinya makan lebih banyak serat ini sangat baik terutama ketika banda menderita wasir.

Sekarang ini uah tin dikenal sebagai obat mujarab untuk wasir.

Apa sebenarnya wasir dan apa yang menyebabkanya?

Di sekitar anus terdapat bagian yang bengkak, semacam jaringan pembuluh darah yang kenyal yang berperan penting dalam menutup anus.

Ini bisa terjadi karena adanya penyumbatan sehingga harus terlalu kuat menekan (ngeden:jawa) untuk mengeluarkan kotoran.

Ditemukan juga wanita menderita wasir setelah melahirkan karena banyak tekanan diberikan pada anus selama proses kelahiran anaknya.

Selain itu, orang di atas usia lima puluh dan orang-orang dengan profesi menetap seperti pekerja yang lebih sering duduk berjam-jam membuat mereka memiliki resiko wasir lebih besar.

Meskipun wasir umumnya tidak berbahaya, tetapi penyakit ini sangat mengganggu apalgi jika kondisinya sudah parah.

Buah tin merupakan cara pengobatan sekaligus pencegahan terhadap keluhan wasir karena membantu melancarkan saat proses pencernaan hingga saat BAB sehingga tidak perlu menekan lebih kuat untuk membuang kotoran saat BAB.

-Buah Tin Mencegah Tulang Keropos

Asupan nutrisi yang rendah kalsium sering diidentifikasi sebagai penyebab osteoporosis, meski sebenarnya itu bukan satu-satunya penyebab tulang keropos.

Tingkat hormon yang salah seperti jumlah estrogen yang rendah pada wanita dan kadar testosteron yang rendah pada pria juga dapat menyebabkan osteoporosis.

Disamping itu pada seseorang yang memiliki hormon pertumbuhan yang salah dapat menyebabkan  tubuh  tidak dapat menyerap kalsium dengan baik.

Sehingga kalaupun asupan makanan harian mengandung unsur kalsium yang tinggi jika hormon tidak bekerja maka akan kesulitan menyerap kalsium dengan baik.

Beruntung karena buah tin memiliki kalsium yang tinggi sekaligus mengandung serat makanan yang dapat secara tidak langsung memberikan efek baik untuk hormon.

Serat menyediakan lebih sedikit penyimpanan lemak. Sementara itu diketahui jika lemak sering menyebabkan gangguan hormon dan buah tin dengan kandungan seratnya secara tidak langsung mengubah gangguan hormon  tersebut.

-Melawan Kolesterol Jahat 

Partikel kolesterol yang menempel pada potongan kolesterol akan membentuk suatu plak, sehingga dapat mengancam pembuluh darah dengan segala macam konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti stroke, serangan jantung.

Buah tin dipercaya dapat memerangi kolesterol jahat berkat kandungan zat aktif Omega-3 yang dapat bekerja melawan lemak jahat.

Dengan kehilangan lemak yang berlebihan,  maka jantung  tidak harus bekerja keras untuk memompa aliran darah sehingga akan menurunkan tekanan darah Anda.

Buah tin merupakan buah yang kaya manfaat untuk kesehatan sehingga tidak salah jika mulai mempertimbangakan buah ini sebagai bahan jus untuk di konsumsi rutin pada menu makanan harian.

Bagaimanapun untuk upaya pengobatan pada seseorang yang telah terserang penyakit tertentu konsultasikan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat sesuai gejalanya.

Semoga bermanfaat.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *