Manfaat Buah Tin atau Buah Ara untuk Kesuburan Wanita dan Pria

Manfaat Buah Tin

MANFAAT BUAH TIN UNTUK KESUBURAN

Memiliki keturunan dalam berumah tangga adalah hal yang sangat diidam-idamkan, namun begitu terkadang sebuah ikatan perkawinan dirundung kesedihan lantaran setelah sekian lama menjalin rumah tangga namun masih belum juga dikaruniai anak.

Penyebab gagalnya seorang  ibu mendapatkan momongan bisa bermacam-macam dan salah satu yang paling umum adalah faktor kesuburan baik  pasangan suami maupun istri, atau bahkan keduanya.

Ketidaksuburan sendiri dapat terjadi karena berbagai alasan, bisa saja disebabkan oleh kadar hormon tertentu yang tidak memadai pada pria dan wanita atau alasan lain yang lebih komplek.

Ada banyak metode  alamiah dengan memanfaatkan buah sebagai pengobatan kesuburan sesseorang  termasuk dengan cara mengkonsumsi buah tin atau ara .

Buah ara telah diyakini meningkatkan kesuburan sejak ratusan tahun lamanya, dan studi ilmiah telah membuktikan bahwa buah ara atau buah tin mengandung banyak zat besi, yang penting untuk telur dan ovulasi yang sehat.

Buah ara kaya akan nutrisi seperti kalsium dan serat yang diperlukan untuk membersihkan kelebihan estrogen dan xenoestrogen dari sistem pencernaan kita

Bukan hanya sebagai buah yang dipercaya untuk meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita namun ternyata buah tin  juga melindungi seseorang dari kanker payudara, meningkatkan kepadatan tulang, melindungi sistem kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah tinggi. Mereka tidak hanya sehat tetapi juga memiliki rasa yang unik.

Dari sisi nutrisi buah tin merupakan buah yang memiliki kandungan yang baik untuk tubuh karena buah ara adalah sumber serat, vitamin, dan mineral esensial yang sangat baik, dan merupakan cara yang manis untuk meningkatkan nutrisi kesuburan pria maupun wanita.

Buah ara juga merupakan sumber kalsium, mangan, serat, kalium, seng, dan vitamin B6 yang baik. Buah ara segar  yang sepenuhnya matang mengandung antioksidan yang berlimpah.

Buah tin membantu melindungi jantung dan menurunkan tekanan darah karena mengandung banyak kalium. Buah ara juga dapat membantu kesuburan pria karena telah terbukti meningkatkan motilitas dan jumlah sperma.

Buah tin juga bagus dalam meremajakan kesuburan pada wanita. Buah tin memiliki efek pencahar ringan dan merupakan sumber kalsium .

Ditemukan kenyataan  bahwa setengah dalam cangkir daging segar  buah tin sama dengan jumlah kalsium yang disimpan dalam setengah cangkir susu.

Kita tahu kalsium yang terdapat pada susu sama baiknya dengan apa yang dikandung dalam daging buah ara.

Meski begitu ada orang yang alergi terhadap buah ara, jadi orang yang memiliki resiko alergi harus berhati-hati saat mengonsumsinya.

Bukan hanya sebagai pengobatan alami untuk meningkatkan kesuburan buah tin juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk tubuh seperti;

BACA JUGA; MANFAAT BUAH NAGA UNTUK IBU HAMIL

Membantu menurunkan berat badan:

Selain kaya serat, buah ara kering mengandung kalori rendah. Satu buah ara kering memberi Anda hanya 47 kalori. Jadi, buah tin kering adalah makanan ringan yang ideal untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.Jika Anda secara aktif mencoba menurunkan  Indeks Massa Tubuh Anda dalam persiapan untuk perawatan kesuburan atau jika Anda hanya memperhatikan berat badan Anda, buah ara sangat berguna untuk menyertakan dalam diet Anda karena mereka tinggi serat dan membantu membuat Anda merasa kenyang.

BACA JUGA; MANFAAT BUAH NANAS UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Kaya antioksidan:

Buah ara kaya akan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah ara kering yang diproses lebih unggul daripada buah ara alami dalam hal antioksidan.
Studi ini juga menyebutkan bahwa buah ara kering memiliki kualitas antioksidan yang unggul, yang disebut fenol, dibandingkan dengan buah-buahan lain yang mengaitkan sifat antioksidan mereka dengan vitamin C dan E.

Meningkatkan pencernaan:

Buah ara kering kaya akan serat makanan. Ini adalah pencahar alami untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan lainnya seperti sindrom iritasi usus.

Serat makanan sangat baik untuk membantu proses sistim penceraan sehingga BAB menjadi lancar.

Mencegah hipertensi:

Ketika Anda makan lebih banyak garam, tingkat natrium dalam tubuh Anda meningkat Ini mengganggu keseimbangan natrium-kalium dan pada gilirannya menyebabkan hipertensi. Buah tin keirng adalah buah yang ideal untuk mengembalikan keseimbangan ini. Satu buah ara kering memberi Anda 129 mg kalium dan hanya 2 mg natrium.Ini membantu mencegah hipertensi.

Baik untuk diabetes:

Kandungan serat yang tinggi pada buah ara membuatnya baik untuk penderita diabetes. Namun, buah tin kering mengandung  gula.
Jadi, Anda harus berkonsultasi dengan ahli diabetes tentang jumlah ara kering yang dapat Anda konsumsi. Bukan hanya buah dari pohon ini yang berguna bagi pasien diabetes bahkan daun mereka memiliki sifat penurun insulin.

Mencegah penyakit jantung:

Kandungan antioksidan dalam buahtin kering memberi manfaat untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit jantung. Dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, mereka mencegah hipertensi, faktor risiko besar untuk pengembangan penyakit jantung koroner.

Mencegah kanker:

Buah tin kering yang kaya antioksidan yang  juga membantu mencegah kerusakan DNA seluler karena radikal bebas yang dapat membuat sel kanker berkembang.

Sumber Zat Besi;

Buah tin kering adalah sumber yang kaya akan zat besi. Satu buah ara kering dapat memberi Anda 2% dari kebutuhan zat besi harian Anda. Zat besi adalah mineral penting yang membawa hemoglobin ke seluruh tubuh Anda. Jadi makan buah tin kering adalah cara alami untuk meningkatkan kadar hemoglobin dan secara tidak langsung akan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh Anda.

Meningkatkan kesehatan reproduksi;

Secara ilmiah, buah ara meningkatkan kesuburan dan libido karena mengandung banyak mineral seperti seng, mangan, dan magnesium yang memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan reproduksi atau dengan kata lain ini sangat baik untuk mereka yang sedang menginginkan kehamilan.

Buah tin memang secara medis mengandung zat-zat bermanfaat yang dapat meningkatkan kesuburan, namun kita juga harus paham bahwa kesuburan seseorang  dipengaruhi banyak faktor lain, tingkat stress, gaya hidup dan kelainan pada sistim reproduksi juga masuk menjadi bagian yang mempengaruhi kesuburan baik pria maupun wanita.

Jika anda mendambakan kehamilan karena alasan kesuburan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapat tindakan atau nasehat yang tepat sesuai permasalahan yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Semoga bermanfaat.

 

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *