Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Buah Sirsak Untuk Wanita Hamil

 

MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK IBU HAMIL

Meski tidak sepopuler buah lain seperti durian atau mungkin buah naga namun ternyata buah sirsak memiliki sisi menarik yang perlu untuk dibahas.

Mungkin banyak yang tidak terlalu suka rasa asam dari buah sirsak atau justru sebaliknya ada yang menyukai rasa asam sirsak namun sering kesulitan mendapatan buah ini karena memang jarang toko buah yang menyediakan buah sirsak segar.

Namun ada yang jauh lebih menarik yaitu tentang fakta nutrisi dan manfaat buah sirsak, sehingga bagi yang kurang menyukai buah satu ini mungkin bisa berfikir ulang dan mulai mencoba sirsak bukan hanya dari sisi rasanya saja namun lebih kepada pertimbangan manfaat yang akan didapat dari buah sirsak.

Dalam artikel kal iini kita akan mengulas apa saja sebenarnya manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan lebih tepatnya manfaat buah sirsak untuk para wanita yang sedang menjalani masa kehamilan.

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Sebelum melanjutkan untuk membahas manfaat buah sirsak bagi ibu hamil alangkah baiknya jika kita juga tahu tentang fakta nutrisi bua sirsak  yang sangat baik untuk masa kehamilan tersebut.

Berikut adalah nutrisi buah sirsak per 100 gram.

  • Kalori; 65 kkl
  • Protein; 1,0 gr
  • Lemak; 0.3 gr
  • Karbohidrat; 16.3 gr
  • Kalsium; 14 mg
  • Fosfor; 27 mg
  • Air ; 81.7 gr
  • Besi; 0,6 mg
  • Vitamin A; 10 Sl
  • Vitamin B1; 0.07 mg
  • Vitamin B2; 0.04  mg
  • Vitamin C; 20 mg
  • Niacin; 0.70 mg
  • Serat; 2.00

Manfaat Buah Sirsak Untuk Wanita Hamil

Tidak sedikit yang beranggapan bahwa buah sirsak merupakan buah pantangan bagi ibu hamil, hal ini tidak bisa terlepas karena mitos yang berkembang di masyarakat jika mengkonsumsi buah sirsak dapat berakibat buruk bagi janin dan juga akan mambawa dampak buruk pada saat persalinan.

Namun berkembangnya ilmu pengetahuan di dunia kesehatan justru menyatakan hal yang sebaliknya karena nyatanya buah sirsak justru mengandung nilai gizi yang baik bagi para ibu hamil dan mendukung tumbuh kembang janin karena manfaat nutrisinya.

Dengan begitu besarnya manfaat sirsak maka keraguan apakah ibu hamil boleh makan buah sirsak terjawab sudah.

Namun anda juga tidak boleh begitu saja percaya sebelum mengetahui lebih lanjut alasan kenapa buah sirsak baik untuk ibu hamil.

Buah Sirsak Mencegah Mual Ibu Hamil

Umunnya wanita hamil terutama pada trisemester pertama sering mual dan muntah di pagi hari.

Meskipun ini bisa dibilang gejala umum yang sering terjadi pasa awal-awal masa kehamilan namun kehadiran rasa mual bisa menyiksa dan membuat aktifitas terganggu.

Banyak orang yang menyebut ini adalah masa ngidam yang diiringi mual dan muntah dan pada saat yang sama mereka secara alamiah menyukai buah-buahan yang memiliki rasa asam.

Bukan tanpa sebab buah-buahan dengan rasa asam akan bermanfaat mengurangi rasa mual dan ingin muntah.

Buah sirsak merupakan buah yang tepat dengan kadar rasa asam yang cukup tinggi namun masih memiliki rasa manis alami yang segar.

Anda bisa memanfaat  buah sirsak sebagi jus segar yang akan menambah kecerian hari anda dan sekaligus bermanfaat mengurangi rasa mual pada masa-masa kehamilan.

Rasa asam pada buah sirsak juga akan bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan membuat perut tidak eneg.

Namun begitu konsumsi buah dengan rasa asam harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan jangan sampai berlebihan, asam yang berlebihan bahkan bisa menimbulkan masalah lain seperti sakit perut hingga mengancam kesehatan janin jika dikonsumsi berlebihan.

Buah Sirsak Meningkatkan Kekebalan Tubuh Pada Masa Kehamilan

Serangan penyakit ringan seperti flu, batuk, pilek, sariawan sangat rentan terjadi ketika kondisi kekebalan dan daya tahan tubuh seseorang menurun.

Seorang ibu hamil sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya agar selalu sehat dan fit.

Keadaan ibu hamil yang sehat san fit akan memberikan dampak yang sangat baik bagi pertumbuhan janin yang optimal.

Inilah salah satu alasan kenapa ibu hamil harus selalu menjaga daya tahan tubuh serta kekebalan tubuhnya.

Vitamin C yang ada pada buah sirsak sangat baik untuk menambah sistim kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh, setidaknya ada 20 mg/100 gr daging buah sirsak yang akan memberikan asupan kebutuhan akan vitamin C.

Buah Sirsak Melancarkan Pencernaan

Serat makanan yang ada di dalam buah sirsak dapat bermanfaat untu melancarkan sistim pencernaan.

Serat bersama bakteri baik yang ada dalam sistim pencernaan juga membantu proses pembentukan kotoran sisa makanan sehingga BAB jadi lancar, dengan demikian dapat mengurangi resiko sembelit dan wasir.

Buah Sirsak Merangsang Produksi ASI

Buah sirsak juga bermanfaat untuk merangsang produksi ASI para ibu hamil, sehingga ketika bayi terlahir maka ibu sudah siap untuk memberikan ASI terbaiknya untuk calon generasi yang cerdas.

Kita tahu ASI adalah susu alami terbaik untuk bayi dibandingkan susu formula apapun.

Seberapapun mahalnya susu formula tersebut ASI tidak dapat tergantikan sepenuhnya karena kandungan gizi, dan ikatan batin antara ibu dan anak tak akan bisa tertandingi.

Buah Sirsak Membantu Bayi Lahir Sempurna

Buah sirsak juga mengandung folat yang merupakan elemen penting bagi ibu hamil dan pertumbuhan janin.

Folat bermanfaat untuk pertumbuhan bayi yang sempurna dan menghindari bayi lahir cacat.

Buah Sirsak Baik untuk Pertumbuhan Tulang Janin

Buah sirsak mengandung kalsium yang akan menujang pertumbuhan atau pembentukan tulang janin.

Kalsium juga baik bagi ibu hamil agar memiliki tulang yang kuat dan terhindar dari tulang keropos atau osteoporosis.

Buah Sirsak Menambah Stamina 

Terutama bagi ibu hamil yang memiliki aktifitas harian yang cukup padat, mereka membutuhkan energi yang lebih baik dibandingkan sebelum hamil.

Kelelahan karena kekurangan energi akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu sekaigus janin yang ada di dalam kandungan.

Buah sirsak memiliki multi vitamin yang diperlukan tubuh yang membuat para ibu hamil tampil lebih aktif dan ceria.

Buah sirsak juga memiliki kandungan energi pada kisaran 65 kalori per 100 gramnya, dan akan membantu menambah kebutuhan energi terutama dikala melakukan kegiatan harian.

Untuk menikmati buah sirsak yang nikmat sebagai buah yang baik untuk ibu hamil, anda bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung atau bisa juga menjadikan buah sirsak menjadi jus dengan menambahkan bauah lain yang bermanfaat atau menu lain sesuai selera anda.

Meski begitu buah sirsak harus dikonsumsi dalam jumlah yang wajar untuk menghindari efek samping yang diakibatkan karena kandungan Vitamin C dan rasa asam pada buah sirsak.

Konsumsi Vitamin C dan rasa asam yang berlebihan bisa berakibat menambah masalah pada kesehatan lambung anda.

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah sirsak setelah makan karena rasa asam pada buah sirsak dapat mengakibatakan perut mulas jika dikonsumsi pada  pagi hari sebelum sarapan.

Semoga Bermanfaat.

 

 

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *