Manfaat Buah Plum Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Plum

MANFAAT BUAH PLUM

Apa itu Buah Plum?

Buah plum merupakan jenis buah yang masuk dalam keluarga Rosaceae yang termasuk dari keluarga ini adalah buah pesik, aprokot buah ini juga memiliki beragam warna .

Buah plum tumbuh hingga ketinggian sekitar 10-15 meter dan menghasilkan buah dengan karakteristik yang berbeda berdasarkan negara asal.

Buah ini banyak dijumpai di jumpai si Cina, Amerika Serikat diikuti Serbia dan Rumania.

Ukuran buah plum rata-rata hampir menyerupai ukuran tomat ,dengan ukuran diameter sekitar 5-6 cm dan beratnya sekitar 50-70 g, Buah ini merupakaan jenis buah berbiji dan daging buah plum manis dan sedikit asam, berair, segar dan memiliki warna  bervariasi dari kuning krem ​​(mirabelle), merah tua, biru muda atau hijau muda berwarna tergantung pada jenis kultivar.

Pada  umumnya setiap varietas pohon prem berbuah banyak, buah plum  dapat tersedia sepanjang tahun namun buah ini paling banyak dipanen antara bulan Mei dan September.

BUAH PLUM MERAH
BUAH PLUM MERAH

Kandungan Nutrisi Buah Plum

Kandungan nilai gizi ada buah plum bisa dibilang cukup lengkap dari berbagi vitamin dan kandungan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Merupakan sumber vitamin yang sangat baik seperti vitamin A, vitamin C (asam askorbat), folat, dan vitamin K (phylloquinone). Buah Plum juga merupakan sumber vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B-6, dan vitamin E (alfa-tokoferol) yang baik.

Mineral yang terkandung di dalamnya termasuk kalium, fluorida, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, dan seng. Plum  juga mengandung serat makanan dan memiliki kalori sangat rendah tanpa lemak berbahaya.

Berikut adalah kandungan buah plum per; 100 gram ;

  • Air;  87.23 g
  • Energi ;  46 kal
  • Gula; 9,92 g
  • Karbohidrat ; 11,42 g
  • Protein;  0,70 g
  • Lemak total;  0,28 g
  • Kolesterol; 0 mg
  • Serat makanan; 1,40 g
  • Folat; 5 ug
  • Niasin 0,417 mg
  • Asam Pantotenat; 0,135 mg
  • Piridoksin; 0,029 mg
  • Riboflavin; 0,026 mg
  • Tiamin; 0,028 mg
  • Vitamin A; 345 IU
  • Vitamin C; 9,5 mg
  • Vitamin E; 0,26 mg
  • Vitamin K; 6,4 ug
  • Vitamin B-6; 0,03 mg
  • Vitamin A, 17 μg
  • Sodium; 1 mg
  • Kalium; 157 mg
  • Kalsium; 6 mg
  • Tembaga; 0,057 mg
  • Besi; 0,17 mg
  • Magnesium; 7 mg
  • Mangan; 0,052 mg
  • Fosfor; 16 mg
  • Selenium; 1,0 ug
  • Seng; 0,10 mg
  • Beta Karoten; 190 ug
  • Beta Crypto-xanthin; 35 ug
  • Lutein-zeaxanthin; 73 ug

Manfaat Buah Plum Merah Untuk Kesehatan

Meskipun memiliki variasi warna namun kenyataanya kebanyakan dari kita lebih mengenal buah plum yang berwarna merah  atau bahkan  buah plum juga memiliki jenis warna yang mendekati hitam.

Meski sebenarnya buah ini tidak memiliki warna yang murni merah atau mungkn yag sering disebut plum hitam karena sebenarnya, varian yang kita sebut merah cenderung lebih gelap dari warna merah sebenarnya atau jenis plum hitam memiliki warna yang lebih pekat meski belum bisa dibilang warna hitam sebagaimana kita mengenal karakteristik warna.

Karena alasan itualh disini akan dibahas apa saja sih, manfaat buah plum merah yang lebih familiar dengan apa yang kita kenal tenang warna pada buah plum ini.

Buah ini memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisinya sangat baik kesehatan tubuh, buah plum segar maupun plum yang telah dikeringkan jika dikonsumsi secara wajar dan teratur memiliki  manfaat yang sangat baik bagi kesehatan seperti;

Sumber Antioksidan Alami

Buah Plum  mengandung vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic, dan asam klorogenat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin-C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, melawan peradangan dan mengais radikal bebas berbahaya.

Fenol yang ada di buah plum juga memperluas efek perlindungan mereka terhadap lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Total  antioksidan kandungan buah plum yang diukur berdasarkan kapasitas penyerapan radikal Oksigen yaitu 6259 μmol TE / 100 g.

Dpat mencegah dan mengobati Obesitas

Ekstrak buah plum bermanfaat untuk mengobati obesitas dan komplikasi lain yang terkait dengan obesitas.

Studi menunjuka bahwa konsumsi buah plum membantu dalam memerangi sindrom metabolik, karena adanya senyawa bioaktif.

Flavonoid dan komponen fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, dan katekin yang terkandung di dalamnya sangat baik sebagai anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel, termasuk sel-sel lemak.

Selain itu, buah plum juga membantu dalam mencegah masalah terkait obesitas seperti gangguan kolesterol, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Mengobati Penyakit Diabetes

Buah plum akan menimbulkan efek anti-hiperglikemik dan bermanfaat dalam melawan diabetes.

Konsumsi ekstrak buah plum membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang ada di dalam buah plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, hal tersebut terbukti seperti yang telah dilaporkan dalam sebuah studi studi oleh tim peneliti di Wakayama Medical University, Jepang, yang diterbitkan dalam Biomedical Research Journal.

Cegah Pembekuan Darah

Plum dan Buah plum mengandung vitamin K, yang akan membantu dalam pembekuan darah secara normal dan meningkatkan kesehatan tulang.

Ini sangat baik sekali karena jika kita kekurangan vitamin K dalam tubuh maka sapat menyebabkan kehilangan darah dan masalah kesehatan lainnya seperti memiliki  tulang yang lemah.

Cegah Osteoporosis

Buah prem kering bermanfaat bagi kesehatan tulang karena dengan mengonsumsi buah prem kering akan memberikan tindakan anabolik dan anti-resorptif, yang dapat menjaga kesehatan tulang.

Flavonoid seperti asam caffeic  yang terkandung di dalam buah plum dapat membantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit gangguan pada tulang seperti osteoporosis pada wanita paska monopouse.

Selain itu buah pluam juga mengandung polifenol dan polifenol bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah prem kering, membantu pembentukan dan kepadatan tulang, sera mencegah mencegah tulang keropos.

Mencegah dan Mengobati Kanker

Benarkah buah plum dapat mencegah kanker?

Ternyata ekstrak buah plum telah terbukti bermanfaat untuk mencegah bahkan dapat mengobati penyakit kanker.

Dr. Lavanya Reddivari, Dr. Venkata Charepalli, dkk, dari Departemen Ilmu Tumbuhan, The Pennsylvania State University, AS pernah melakukan studi dan hasilnya menunjukkan bahwa komponen epicatechin, terdapat didalam buah plum,  dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangbiakan ganas. sel kanker dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau penyakit kanker hati.

Buah plum memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan fitonutrien, termasuk asam klorogenat dan neo-klorogenik yang memiliki efek dapat menyembuhkan atau melawan sel-sel kanker payudara, tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Menjaga Sistim Pencernaan Sehat

Buah plum mengandung serat makanan yang baik bagi tubuh, serat makanan bersama  komponen lain seperti sorbitol dan isatin, akan membantu dalam mengatur sistem pencernaan.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Attaluri A, Amerika serikat,Buah plum ataupun plum kering  efektif dalam mengobati gangguan pencernaan seperti sembelit, dengan melakukan pembilasan limbah atau kotoran yang efisien melalui usus besar.

Meilindungi Jantung

Buah prem yang dikeringkan telah terbukti dapat membantu meningkatkan aliran darah di arteri, Para ilmuwan yang berasal dari departemen ilmu nutrisi dan makanan, universitas Minnesota USA, telah meneliti dan memberikan bukti atas kajianya dan membenarkan hal tersebut.

Efek yang ditimbulkan dengan lancarnya  aliran darah pada arteri dapat membantu dalam mencegah permasalahan berbagai penyakit jantung jantung dan stroke.

Buah Plum dapat Menurunkan Berat Badan

Bagi yang memiiki pemasalahan denagan berat badan atau kegemukan in merupakan kabar baik, pasalnya buah plum telah terbukti mampu menurunkan berat badan.

Hal tersebut juga pernah diuji kebenaranya pada berbagai penelitian bagaiamana buah plum dapat mengurangi berat badan dan merupakan metode yang lebih aman dibandingkan konsumsi obat-obatan.

Konsumsi buah plum juga perlu diimbangi dengan olahraga yang baik dan teratur serta melakukan program diet yang benar, agar hasilnya maksimal.

Baik Untuk Sistim Syaraf

Buah plum mengandung mineral penting seperti besi dan tembaga, yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan memfasilitasi pemurnian darah dan sirkulasi yang sehat. Kandungan tembaga dalam plum akan bertindak sebagai antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga membantu dalam penyerapan zat besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bagaiamana buah plum bekerja dan dianggap sebagai buah  yang dapat meningkatkan kekebaka tubuh?

Buah plum akan memperkuat pertahanan kekebalan tubuh karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi.

Vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi dan juga peradangan.

Mengatur Kadar Tingkat Kolesterol Dalam Tubuh

Buah plum yang segar atau plum kering membantu mencegah kolesterol tinggi.

Kandungan serat yang ada di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mereka kaya akan vitamin C, bersama dengan antioksidan lainnya, yang membantu menjaga kesehatan, kulit bercahaya, dan awet muda. Konsumsi buah plum membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan adanya nutrisi anti penuaan. Ekstrak plum juga digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit seperti cuci muka dan paket wajah.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah plum mengandung vitamin A dan beta-karoten, yang bermanfaat dalam menjaga penglihatan dan mencegah permasalahan penglihatang yang melemah terkait usia.

Disamping itu Karotenoid, lutein, dan zeaxanthin, yang ada di dalam buah plum dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi UV.

Menutrisi Kebutuhan para Ibu Hamil

Buah plum sangat baik dan  bermanfaat jika dikonsumsi para ibu hamil, karena memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral.

Komponen bermanfaat ini sangat penting untuk penglihatan mata, pengembangan tulang dan jaringan, dan kesehatan sel untuk ibu dan bayi yang sedang tumbuh.

Mencegah Alzheimer dan Parkinson

Fitonutrien bermanfaat yang terdapat dalam buah plum membantu mengurangi peradangan di area neurologis untuk meningkatkan fungsi otak dan memori.

Konsumsi buah plum secara teratur juga membantu mencegah gangguan neurodegeneratif terkait usia seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson

Mengobati Flu

Jus dari sari buah plum mengandung molekul seperti lektin, yang membantu menghambat dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus influenza .

Mengurangi Kecemasan

Konsumsi buah plum secara teratur dapat membantu mengurangi kecemasan.

Penelitian yang pernah dilakukan mengenai gangguan kecemasan dan efek  manfaat dari buah plum dan  telsh memberikan bukti pendukung mengenai efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenat yang terdapat dalam buah , membantu dalam menyembuhkan perilaku yang berhubungan dengan kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Plum Yang Baik dan Sehat

Hindari memilih buah plum yang memiliki  tekstur terlalu lemek, atau dengan luka atau memar.

Buah yang matang memiliki tekstur empuk dan lembut dan aroma yang harum.
Plum yang keras tetapi sudah  tua dapat disimpan pada suhu kamar sampai benar-benar matang. Setelah siap, buah plum dapat ditempatkan di lemari es tetapi sebaiknya harus disimpan kembali di suhu kamar beberapa puluh menit agar tidak terlalu dingin saat akan dikonsumsi.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *