Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Buah Nanas

MANFAAT BUAH NANAS

Buah nanas ditemui di hampir semua wilayah di Indonesia, selain kebaikannya yang menjadikannya buah yang sangat cocok untuk banyak resep, nanas adalah konsentrat nyata dari khasiat yang bermanfaat .

Nanas adalah sumber yang kaya antioksidan dan nutrisi penting yang meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Daging buah nanas berwarna keemasan dan cerah dan rasanya lezat dan berkat kombinasi asam dan manisnya, memberikan kesegaran yang luar biasa dan ini sangat cocok dinikmati tatkala suasana panas.

Nanas mengandung persentase air yang sangat besar dan serat yang cukup banyak. Selain itu, mereka juga sangat rendah kalori, menjadikannya buah yang sempurna.

Banyak manfaat kesehatan dari nanas adalah karena enzim yang disebut bromelain. Enzim ini meningkatkan pencernaan dan memiliki kemampuan untuk menghancurkan parasit usus.

Nanas bisa dibilang sebagai salah satu buah tropis terbaik di dunia. Rasa manis, menyegarkan membuat mereka popular.Selain itu, nanas kaya akan antioksidan dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda.

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebagian nanas mengandung 130% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan menjadikannya salah satu sumber vitamin C alami terbesar.

Vitamin C diketahui mengurangi kemungkinan penyakit dengan menstimulasi sistem kekebalan tubuh seseorang dan melawan radikal bebas sebagai antioksidan yang kuat.

Untuk mendapatkan semua manfaat ini cukup makan sepotong nanas sehari. Sepotong 160 g nanas mengandung sekitar 75 mg Vitamin C.
Mungkin anda berpikir itu porsi yang sangat kecil? Anggap saja seorang wanita rata-rata mengonsumsi 75 mg Vitamin C, sementara pria 90 mg.
Oleh karena itu, sepotong nanas menjamin jumlah harian yang diperlukan. Kandungan vitamin C yang tinggi ini telah menyebabkan munculnya banyak diet hanya berdasarkan konsumsi nanas.

Meningkatkan Sistim Pencernaan

Nanas kaya akan serat larut dan tidak larut. Dengan memakan nanas dalam jumlah yang tepat, seseorang dapat karena itu terhindar dari:

  • Sembelit
  • Diare
  • Sindrom iritasi usus
  • Susah buang air besar

Selain itu, asupan nanas merangsang gerakan peristaltik dan pelepasan asam lambung, yang membantu seseorang untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

Nanas kaya akan serat tak larut yang tidak berubah saat terkena air. Serat yang tidak larut bertindak sebagai spons di usus, memfasilitasi transit dan membantu melawan sembelit.

Dengan meningkatkan kesehatan usus, serat juga dapat mengoptimalkan kesehatan kulit karena membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Nanas Untuk Kesehatan Jantung

Makan nanas membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung dan kecelakaan serebrovaskular.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa buah yang lezat ini melawan gumpalan darah dan mencegah trombosit menempel atau menumpuk di dinding pembuluh darah.

Bromelain juga dapat mencegah akumulasi trombosit dalam sistem vena, yang mengurangi risiko emboli.

Berkat kontribusinya dari kalium, nanas juga meningkatkan sirkulasi darah.

Anti Kanker

Selain perlindungan terhadap radikal bebas yang diperoleh dari vitamin C, nanas dapat membantu seseorang dalam memerangi kanker. Selain banyak antioksidan yang dikandungnya, orang menemukan:

  • vitamin A
  • Beta-karoten
  • Bromelain
  • Berbagai flavonoid
  •  Mangan

Penting untuk dicatat bahwa mangan yang ditemukan dalam nanas dapat membantu memerangi efek radikal bebas pada sel seseorang.
Ini mencegah sel-sel sehat dari diubah menjadi sel kanker, terutama yang menyebabkan kanker mulut, tenggorokan, dan kanker payudara.

Membuat Tulang yang Kuat

Kandungan kalsium dan mangan yang tinggi dalam nanas menjadikannya ideal untuk memperkuat tulang seseorang, membantu memulihkannya saat terluka dan meningkatkan pertumbuhannya.
Mangan adalah mineral paling berlimpah yang terdapat pada nanas. Mengambil sebagian dari buah ini akan menghasilkan satu lebih dari 70% dari rekomendasi harian mineral.

Mengatur  Tekanan Darah

Apakah Anda ingat ketika kami menyebutkan bahwa kalium adalah salah satu dari banyak nutrisi yang ditemukan dalam nanas? Ini adalah salah satu mineral terpenting bagi tubuh. Kalium adalah vasodilator primer.
Itu berarti itu menjaga pembuluh darah seseorang bebas dari stres dan overburden. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah.

Ketika pembuluh darah Anda rileks, hal berikut terjadi:Tekanan darah tinggi tetap terkendali,
penyakit serius seperti aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke dihindari.

Memerangi Pilek dan Flu

Kandungan bromelain dalam nanas mengurangi jumlah lendir yang menumpuk di saluran udara dan sinus.
Untuk alasan ini, nanas membantu mencegah penyakit yang menyebabkan gejala ini. Dan itu mendukung sekresi lendir tubuh seseorang untuk mengurangi kemungkinan infeksi.

Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indera manusia yang paling penting. Dan nanas melakukan pekerjaan dengan baik dalam hal membantu orang merawatnya.
Ini karena asupan nanas berkaitan erat dengan pencegahan penyakit mata yang mungkin disebabkan oleh penuaan.
Degenerasi makula biasanya mempengaruhi lansia. Tetapi beta-karoten yang ada di nanas dapat membantu menghindari masalah penglihatan.
Jika Anda berhati-hati untuk memasukkan jumlah beta-karoten yang tepat dalam diet Anda, Anda akan terus melihat dunia dengan benar sampai Anda menjadi tua.

Nanas Cocok Untuk Diet

Jika Anda mengikuti diet penurunan berat badan, Anda harus tahu bahwa makan nanas adalah alternatif yang baik untuk memuaskan keinginan makan tanpa takut menjadi gemuk.
Nanas juga kaya bromelain, enzim yang membantu menikmati manfaat makanan yang berasal dari hewan.
Ketika protein ini tiba di usus, itu memfasilitasi disintegrasi makanan dan penyerapan nutrisi mereka. Pada saat yang sama, ini mengurangi refluks gastroesofageal dan gejala keasaman.

Namun, penting untuk tidak menggunakan diet ekstrem dengan buah nanas.

Jauh lebih baik untuk memilih makan sedikit dari berbagai sumber makanan sehat, terus-menerus dengan mengubah makanan, serta menghindari makan makanan secara eksklusif hanya pada jenis tertentu saja.

Meskipun memiliki banyak manfaat namun konsumsi nanas berlebihan bisa menimbulkan efek.

Karena itu hindari jumlah berlebihan saat makan nanas.

Semoga Bermanfaat

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *