Manfaat Buah Nanas untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Buah Nanas

BUAH NANAS UNTUK MENURUNKAN BERAT BADAN

Saya yakin semua orang paham buah nanas yang memiliki rasa manis dan asam, buah yang nikmat dinikmati langsung atau bias juga dibuat jus atau bias dibuat rujak nanas.

Disamping enak nanas ternyata baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah dengan kegemukan.

Sehingga makan nanas adalah kebiasaan sehat yang harus dipertimbangkan oleh semua orang yang tertarik untuk menurunkan berat badan

Mari cari tahu tentang manfaat dan sifat pelangsingan yang didapat dari mengkonsumsi buah nanas (Ananas sativus) .

Buah nanas sebagian besar terdiri dari air (sekitar 90%), memiliki banyak serat dan sedikit kalori (40 kkal per 100 g daging nanas segar yang dapat dimakan), kaya vitamin (A,  B, C dalam jumlah luar biasa, serta E, dan vitamin K),

Nanas juga mengandung berbagai mineral (di antaranya kalium  diikuti oleh kalsium, fosfor, magnesium dan zat besi), mengandung  asam organik (asam sitrat, asam malat) dan paling Utama adalah kandungan bromelain, yaitu enzim proteolitik yang berharga ,

Berkat potasium, misalnya, ini membantu menjaga nilai tekanan darah  tinggi  tetap terkendali. Buah nanas juga memiliki kualitas antiinflamasi yang kuat; meningkatkan sirkulasi darah dan limfatik; serta baik untuk pencernaan dan memiliki sifat dan manfaat merampingkan.

Mari kita fokus pada poin terakhir ini dan melihat apakah dan bagaimana nanas membuat penurunan berat badan dan bagaimana itu dapat membantu dalam proses penurunan berta badan tersebut.

Bagaimana nanas dapat menurunkan berat badan, hal pertama dan paling penting untuk diketahui  adalah bahwa nanas sebenarnya tidak memiliki efek penurunan berat badan dalam arti yang sebenarnya.

Dengan kata lain buah nanas tidak merangsang hilangnya lemak.

Di sisi lain, buah nanas memiliki banyak karakteristik yang membantu mengurangi berat badan dengan cara yang berbeda dan membuat tubuh lebih aktif .

Di antara berbagai unsur nanas,  yang pasti berkontribusi  besar untuk membuat buah menjadi bermanfaat pada proses penurunan berat badan adalah bromelain.

Bromelain mencakup sekelompok enzim proteolitik, yaitu enzim yang secara aktif berpartisipasi dalam pencernaan protein (terutama makanan dengan kandungan protein tinggi seperti daging, keju), bromelain akan merangsang lambung dan hati untuk melakukan fungsinya jadi lebih baik.

Nanas memiliki sifat diuretik dan pengeringan yang mendasar, yang sangat valid dan secara efektif memerangi stagnasi cairan dan, selulit.

Buah nanas ini dapat membantu mencegah dan mengobati selulit yang bekerja pada dua bagian: yang pertama diberikan oleh aksi anti-inflamasi dan anti-edema bromelain, mengurangi peradangan jaringan adiposa dan pembengkakan karena stagnasi area yang terkena; yang kedua, dengan kemampuan diuretik dan pengeringan.

Bromelain pada nanas juga memiliki aksi anorektik ringan, yaitu mampu mengurangi rasa lapar dan mengurangi rasa kenyang, sehingga dapat mengurangi risiko makan terlalu sering karena rasa kelaparan.

Oleh karena itu, dua iris nanas di pagi hari dan dua sore hari, sebagai camilan mengganjal rasa lapar, merupakan cara yang baik karena manfaat  antara serat dan kalori yang diambil (sekitar 40 per 100 g buah nanas)

Jika diminum setelah makan maka, terutama jika sehabis makan makanan yang kaya protein, nanas akan membuat pencernaan lebih mudah.

Sebelum kita memanfaatkan Nanas tentu saja untuk  penurunan berat badan, penting sekali untuk memahami apa implikasi dalam penurunan berat badan.

Karena tubuh bereaksi terhadap konsumsi makanan yang berlebihan jadi konsumsi nanas tanpa mengindahkan  konsumsi makanan sumber lain dalam jumlah yang tidak dibatasi maka fungsi nanas dibandingkan dengan penurunan berat badan akan sia-sia.

Artinya meskipun nanas membantu menurunkan berat badan, kenyataannya efektivitasnya juga terkait erat dengan jenis nutrisi yang kita ikuti.

Atau lebih tepatnya, jika Anda makan banyak nanas untuk menurunkan berat badan, hasilnya akan tetap sia-sia, bahkan sering gemuk jika Anda juga makan banyak makanan berlemak tinggi, goreng-gorengan  pada saat bersamaan

Bromelain, enzim ini menghambat tubuh Anda untuk menyerap protein, karenanya mereka yang kekurangan protein harus menghindari konsumsi nanas segar terlalu banyak.

Sebagian besar dari daging buah nanas mengandung bromelain, serta batang nanas (sedangkan nanas kalengan tidak ).

Biasanya mereka yang ingin menurunkan berat badan karena mengalami obesitas atau setidaknya mereka merasa sedikit gemuk dan terus meningkat sehingga ingin menstabilkan berat badanya, tetapi  kita tahu bahwa nanas tidak secara langsung mengurangi lemak dalam tubuh atau mengurangi kalori makanan.

Jika Anda memutuskan untuk mengganti junk food dengan nanas setiap kali Anda mengalami kelaparan,  maka konsumsi nanas merupakan langkah awal yang baik untuk menurunkan berat badan.

Nanas efektif untuk menurunkan berat badan namun harus dipahami untuk melakukan hal yang mendukung program diet yang tepat,

Imbangi dengan Olahraga dan Membatasi Makanan

Cara ideal untuk menurunkan berat badan adalah banyak berolahraga dan mengurangi konsumsi makanan tertentu, mengurangi  tidak berarti “menghilangkan” dari cara kita mengkonsumsi makanan.

Semua zat gizi yang terkandung dalam makanan sangat diperlukan untuk kesehatan kita dan jika menambahkan konsumsi nanas dalam program penurunan berat badan,  tentu hal yang baik.

Tapi jika hanya makan  nanas dalam diet , maka ini justru tidak akan memberikan hasil yang diinginkan, karena berat badan anda mungkin akan turun drastis namun , cara tersebut berakibat pada kekurangan  semua nutrisi penting yang seharusnya didapat dari sumber lain.

Misalnya, tidak adanya makanan berlemak dari makanan Anda akan membuat Anda tidak bisa menyerap vitamin A, D, dan E yang larut dalam lemak.

Lakukan Diet Seimbang

Jika sebaliknya Anda memutuskan untuk membuat diet yang lebih seimbang di mana Anda mengganti aktivitas fisik dengan diet penurunan berat badan yang mencakup konsumsi berbagai makanan, termasuk nanas, maka yang terakhir akan memiliki efek yang jauh lebih efektif dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Buah nanas saat ini sangat populer dalam hal penurunan berat badan, dan tentunya sangat efektif jika semua aturan nutrisi dan olahraga yang baik juga dijalankan

Namun begitu buah nanas juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping karena kandunga vit.C yang tinggi serta rasa asam pada nanas justru tidak baik jika berlebihan.

Bagi sebagian orang yang alergi buah nanas tentu merupakan pengecualian, hindari konsumsi nanas atau minta petunjuk dokter jika anda ingin memaksakan, dokter akan mendiagnosa apakan anda aman mengkonsumsi nanas atau justru sebaliknya.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *