Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil dan Wanita Menyusui

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil

Buah naga ( Dragon fruit ) merupakan tanaman sejenis kaktus dan biasa disebut buah tropical, buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika selatan, namun sekarang telah dibudidanya di negara Asia seperti Taiwan, Filipina, Malaysia,Vietnam bahkan Indonesia.

Vietnam sendiri merupakan penghasil terbesar buah naga di Asia Tenggara.

Tanaman buah naga memiliki ciri – ciri pohon yang menjalar, berduri dan bentuk buah naga bulat dengan sedikit lonjong, memiki warna merah muda yang menggoda dan bersisik hijau yang mempertambah kecantikan buah naga, bentuk sisik inilah yang dikatakan menyerupai sisik naga.

Daging buah naga berwarna merah ada pula yang berwarna putih dengan disertai biji -biji kecil hitam yang bertaburan, daging buahnya lembut dan rasanyan manis dengan sedikit masam.

Buah ini kaya dengan nutrisi penting yang baik bagi tubuh.

Terutama bagi Ibu hamil dan ibu menyusui buah merupakan komponen yang penting untuk di konsumsi mengingat kebutuhan nutrisinya cenderung meningkat pada masa tersebut.

Karena Kandungan gizi atau mineral dalam buah naga sangat banyak sehingga dapat dikatakan salah satu buah yang baik dikonsumsi ibu hamil dan ibu menyusui karena memiliki banyak manfaat.

Kandungan Dan Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Buah Naga Mengandung Serat

Pada masa kehamilan ibu sangat memerlukan makanan yang berserat, karena sudah kita ketahui bahwa makanan yang berserat memberi manfaat yang baik bagi tubuh kita, diantaranya melancarkan pencernaan.

Maka bila ibu hamil rajin mengkonsumsi buah naga akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit ( susah buang air besar) , wasir.

Serat juga dapat mengurangi komplikasi pada ibu hamil.

Buah Naga Mengandung Protein

Semua ibu hamil pasti menginginkan janinnya tumbuh dengan sempurna hingga kelahirannya, maka ibu harus pastikan asupan protein terpenuhi.

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan protein, sehingga dapat membantu pembentukan organ pada bayi seperti jantung, otak, paru – paru, hati dan organ tubuh lainnya.

Selain itu ibu hamil membutuhkan kandungan protein kurang lebih 75 gram setiap harinya, agar ibu hamil tetap bugar dan tetap menjalani semua aktifitas seperti biasa, karena protein juga memiliki manfaat untuk mengolah zat besi.

Dan zat besi itu sendiri dapat membantu ibu menyusui untuk memproduksi sel darah merah sehingga ibu terhindar dari penyakit anemia dan akan membantu perkembangan sel darah merah pada bayi.

Buah Naga Mengandung Mineral

Mineral pun sangan dibutuhkan ibu hamil, karena ibu hamil membutuhkan mineral yang setiap bulannya bertambah, karena setiap bulannya kandungan semakin membesar.

Karena buah naga memiliki kandungan mineral diantaranya, kalsium, fosfor, magnesium,mangan.

Mineral – mineral tersebut sangat dibutuhkan bayi untuk pembentukan tulang dan gigi pada bayi, sebagai contoh kalsium berfungsi untuk penyusun tulang utama dan gigi, fosfor untuk membangun penyerapan kalsium, mangan berfungsi untuk memperkuat metabolisme tulang dan gigi dan lainnya.

Mengandung Cukup Kalori

Kalori terdiri dari karbohidrat dan lemak, agar dapat membentuk energi yang cukup, maka selain makan nasi ibu hamil dan ibu menyusui perlu energi dari sumber lainnya, dan buah naga dapat menjadi salah satu pilihannya sehingga tubuh ibu akan tetap kuat dan segar.

Dan lemak pada bayi dapat membantu pembentukan membran sel dan juga hormon pada bayi.

Mengandung Vitamin A

Kandungan utama pada buah ini adalah vitamin A dan mengandung karoten yang ternyata baik untuk perkembangan organ dalam pada janin.

Dan antioksidan juga ditemukan dalam buah ini, sehingga bermanfaat untuk mencegah resiko infeksi saat persalinan.

Bila ibu memiliki asupan vitamin A yang cukup maka ibu dan bayi akan terhindar dari gangguan penyakit mata dan kulit.

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui mengkonsumsi buah naga boleh dimakan langsung maupun dibuat jus.

Baca Juga:

Mengandung Vitamin B

B1 ( Tiamin ) berfungsi berfungsi untuk mengubah karbohidrat menjadi energi pada tubuh, dan energi tersebut dapat membantu perkembangan saraf dan otak sehingga meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan memori pada bayi, dapat juga untuk mencegah terjadinya penyakit beri – beri pada bayi.

Bagi ibu menyusui vitamin B dapat memperlancar produksi asi.

Vitamin B2 ( Riboflavin ) berfungsi untuk menyerap zat besi dalam tubuh, dan bila ibu terpenuhi vitamin ini maka akan menjaga kadar hemoglobin pada bayi tetap optimal, vitamin B2 juga berkerja sama dengan antioksidan menjada kerusakan sel -sel tubuh tetap sehat dan sel darah merah yng sehat juga.

Vitamin B3 ( Niasin ) berfungsi untuk menjaga sirkulasi darah sehingga aliran nutrisi dari makanan yang di butuhkan janin dalam kandungan lebih mudah.

Vitamin B5 ( Asam pantotenat ) berfungsi untuk meningkatkan kinerja paru – paru mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Vitamin B6 ( Pyridoxine ) berfungsi untuk memperlancar metabolisme hemoglobin pada tubuh ibu dan janin sehingga janin berkembang dengan sempurna.

Vitamin B9 ( asam folat ) berfungsi untuk menyerpurnakan dan memperkembangkan jaringan pada janin, sehingga ibu terhindar dari masalah keguguran.

Vitamin B12 ( cobalain ) berfungsi untuk membantu kerja asam folat dan mampu mencegah penyakit kangkar payudara.

Mengandung Vitanin C

Vitamin C erperan membentuk kolagen yang erperan pentik dalam pembentukan rambut, kulit dan pembuluh darah, vitamin ini juga dibutuhkan untuk proses menyembuhkan luka.

Vitamin C juga menstimilasi produksi laukosit pada sel darah putih yang membantu melindungi tubuh bayi dari patogen.

Mengandung Vitamin E

Selain mengandung Vitamin A,B, dan C buah naga juga mengandung vitamin E, vitamin ini berfungsi untuk proses pergerakan otot – otot pada bayi sehingga kemampuan pergerakannya maksimal, dan dapat berfungsi unfuk memerangi infeksi serta membentuk sel darah merah yang sehat.

Bila ibu hamil rajin mengkonsumsi buah naga secara rutin maka ibu akan mendapat manfaatnya, namun kami ingatkan jangan konsumsi secara berlebih karena akan memberi pengaruh yang kurang baik bagi tubuh kita bahkan menimbulkan efek samping.

Efek Samping Konsumsi Buah Naga Berlebih

Mengakibatkan Diare

Bila anda konsumsi buah naga secara berlebih akan menimbulakn diare karena didalam buah naga mengandung asam, maka kami sarankan bagi anda bila mengkonsumsi buah naga sesudah makan nasi agar menghindari masalah pencernaan.

Serta asam yang terkandung dapat mengganggu lambung seperti sakit mag, biasanya ditandai dengan mual dan muntah.

Memicu Terjadinya Kembung

Jangan terkejut bila anda konsumsi buah naga berlebih mengakibatkan perut kembung, walaupun buah ini kaya akan mineral namun bukan berarti buah naga dapat dimakan banyak-banyak.

Jika anda termasuk penggemar buah naga, namun konsumsilah secara wajar jangan terbawa suasana makan tanpa takaran !sehingga bukan mendapat manfaat bagi tubuh melainakan akan mendapatkan efek samping atau berbahaya bagi tubuh.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *