Manfaat Buah Naga Merah Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Naga Merah

Apa itu Buah Naga?

Buah naga merah memiliki warna Kemerahan atau warna Anggur dengan permukaan bersisik.

Ketika dibelah akan nampak daging buahnya berwarna Merah atau Ungu. Dengan Biji berwarna hitam.

Tekstur buahnya seperti Kiwi dan memiliki rasa agak manis. Buah ini juga dipercaya membawa keberuntungan dalam mitologi Tiongkok.

Buah ini merupakan jenis kaktus genus Hylocereus dan merupakan tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.Namun, hari ini kita dapat menemukan buah yang lezat ini di seluruh penjuru dunia.

Buah naga tersedia dalam varietas manis dan asam, tergantung pada jenisnya.Buah naga merah adalah buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Amankah Makan Buah Naga Selama Kehamilan?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apakah wanita hamil bisa makan buah naga, maka jawabannya adalah ya.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda petik darinya untuk Anda dan calon anak Anda.

Memilih buah naga merah adalah cara yang bagus apalagi buah naga juga memiliki rasa khas yang lezat dan segar.

Melihat buah naga segar, merah, dan lezat dapat merangsang nafsu makan , namun bisa jadi kita akan bertanya-tanya tentang apa yang yang dikandung dalam buah naga.

Kandungan gizi yang terkandung didalamnya ternyata sangat baik bagi para ibu hamil, anak balita hingga orang dewasa.

Kali ini kita akan mengkaji apa saja seh beragam manfaat buah naga merah khusunya manfaat buah naga merah bagi ibu hamil?

Kandungan Gizi dan Manfaaat Buah Naga

Nilai Gizi Buah Naga
Daging buah naga bisa dibilang peti harta karun yang mengandung banyak nutrisi dan zat yang meningkatkan kesehatan diri Anda dan juga bayi Anda.

Kehadiran karbohidrat dalam buah naga terbukti cukup bermanfaat dalam memulihkan energi dalam diri seorang wanita hamil, sedangkan jumlah kalsium yang cukup banyak di dalamnya berdampak pada perkembangan struktur tulang bayi yang baru lahir.

Meningkatkan sistem kekebalan juga merupakan suatu keharusan, buah naga sangat baik karena kaya akan zat besi, kalium dan banyak protein yang ada dalam buah.

Disamping itu , keberadaan asam folat pada buah naga merah terbukti bermanfaat dalam mengembangkan neurologi anak, sedangkan vitamin C, serat, dan beta-karoten membuktikan faktor penting dalam mendukung kesehatan ibu yang berkelanjutan.

Salah satu komponen utama dalam hal ini adalah likopen, yang merupakan fitur unik dari buah naga. Ini membantu dalam memerangi berbagai masalah jantung, hipertensi, serta mengurangi kemungkinan kanker.

Berikut adalah uraian lengkap manfaat dan juga kandungan gizi buah naga merah.

Zat Besi

Dalam setiap 100 gram daging buah naga yang siap di konsumsi sekurang-kurangnya mengandung 0,55 gram zat besi yang sangat diperlukan ibu hamil.

Zat besi akan sangat bermanfaat dalam

proses pembentukan sel darah merah.

Unsur Besi (Fe) hadir dalam buah Naga membantu mengurangi penyakit anemia, tentu ini sangat baik bagi ibu hamil.

Zat besi dalam buah naga membantu sel-sel darah meningkatkan kapasitas dan membawa oksigen , dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Ini, akibatnya, juga mengurangi kemungkinan anemia pada kebanyakan wanita.

Dengan konsumsi buah naga maka upaya pencegahan anemia pada ibu hamil dapat teratasi disamping itu janin juga akan lebih sehat dalam proses perkembanganya karena zat besi yang terkandung pada buah naga juga baik bagi petumbuhan janin selama dalam kandungan.

Buah naga mengandung zat besi dan vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu meningkatkan jumlah hemoglobin Anda secara substansial selama kehamilan. Kadar hemoglobin yang baik mencegah risiko pengembangan anemia dan efek sampingnya

Serat

Seorang ibu hamil sekurang-kuranhnya memerlukan asupan 28 gram serat sebagai kebutuhan harianya.

Fungsi serat sangat baik untuk membantu proses pencernaan sehingga penyerapan gizi akan menjadi lebih baik.

Serat juga menjaga sembelit dengan menyerap uap air di usus dan memadatkan kotoran, serta melunakkannya.

Kehadiran serat dalam buah naga memberikan manfaat lain untuk masalah persisten wanita hamil.

Konsumsilah buah naga secara teratur dan saksikan sistem pencernaan Anda kembali normal dengan fungsi yang efisien.

Kandungan serat dalam buah naga membantu meningkatkan pencernaan yang lancar, memperlancar buang air besar, dan mencegah risiko masalah sembelit selama kehamilan.

Buah naga yang dikonsumsi juga membantu dalam mencegah wasir, yang merupakan masalah yang sangat umum dihadapi oleh wanita hamil.

Serat sangat penting selama kehamilan karena makanan berserat tinggi membantu membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah ngidam gula dan rasa lapar. Juga, makanan berserat tinggi dianggap baik untuk mereka yang menderita Diabetes gestasional atau mereka yang rentan terkena diabetes di kemudian hari karena obesitas atau riwayat keluarga.

Makanan berserat tinggi membantu menjaga kesehatan jantung Anda.

Karbohidrat

Jika ibu hamil masih merasa kekurangan karbohidrat karena porsi yang kurang dalam mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti jagung, beras, gandum dan sebagainya, maka dengan mengkonsumsi buah naga akan dapat membantu terpenuhinya kebutuhan harian karbohidrat.

Diperkirakan sekitar 9-14 gram karbohidrat pada setiap 100 gram daging buah naga.

Asupan energi dari karbohidrat yang memenuhi kebutuhan harian akan berdampak baik bagi ibu hamil karena menjadikan bumil lebih berenergi sehingga janin yang dikandung kemungkinan akan memiliki kesehatan yang jauh lebih baik.

Meskipun lemak bertindak lebih sebagai penyimpanan energi yang dapat dimanfaatkan oleh tubuh ketika dibutuhkan, namun kita juga penting memiliki kebutuhan sumber energi yang mudah diakses, untuk mentransfernya langsung ke janin.

Ini dapat diperoleh dalam bentuk karbohidrat yang ada dalam jumlah yang baik dalam buah naga.

Karbohidrat sehat membantu menyediakan energi yang Anda butuhkan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Vitamin C

Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik.

Vitamin C bermanfaat sebagai komponen penting dalam tubuh untuk melawan infeksi, melindungi sel juga akan membantu dalam pembentukan kalogen pada tulang, pada kulit, pembuluh darah dan juga tulang rawan.

Meski memiliki fungsi yang baik konsumsi bitamin C tidak boleh berlebihan karena jika berlebihan dapat menimbulkan efek samping.

Ibu hamil yang berlebihan mengkonsumsi bitamin C dapat berakibat pusing, mual dan berbagai keluhan lain yang lebih serius.

Konsumsilah vitamin C secara wajar untuk mendapatkan manfaatnya dan menghindari resiko efek samping yang bisa saja ditimbulkanya.

Vitamin C juga disebut sebagai asam askorbat. Konsumsi asam askorbat dalam bentuk apa pun, dalam bentuk buah-buahan dan sayuran mentah atau dalam bentuk jus dianggap baik saat Anda hamil karena mengandung zat antioksidan kuat.

Antioksidan membantu tubuh Anda selama kehamilan dengan membantu sel-sel Anda melawan radikal bebas membantu memperkuat sistem kekebalan Anda, membantu mengatur sintesis kolagen dalam tubuh Anda dan juga membantu mencegah masalah yang terkait dengan persendian dan gusi

Kandungan antioksidan dan vitamin C buah naga yang tinggi membantu menetralkan aktivitas radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah risiko perkembangan kanker selama kehamilan.

Assam folat

Coba cek kandungan nilai gizi pada susu khusus ibu hamil, susu tersebut dipastikan akan mengandung asam folat dan tercantum pada daftar kandungan nutrisi.

Ini sangat wajar mengingat asam folat merupakan komponen penting yang sangat bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah sekaligus berfungsi menghindari terjadinya kelahiran cacat pada bayi serta berfungsi dalam pertumbuhan sisyem syaraf otak pada bayi.

Perkembangan saraf anak sangat penting untuk dilanjutkan tanpa hambatan. Kelompok vitamin B-kompleks, dikombinasikan dengan folat memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf serta tabung saraf anak, memastikan dia bebas dari gangguan.

Asam Folat juga Mengurangi Risiko Keguguran
Peluang keguguran paling tinggi pada trimester pertama karena janin belum cukup kuat. Buah naga mengandung asam folat dalam proporsi besar yang meningkatkan kekuatan janin, dan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya keguguran.

Potasium

 Buah naga juga mengandung potasium yang merupakan mineral penting.Mineral ini akan menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan tubuh.Potasium bersama sodium juga akan menjaga dan mengatur level tekanan darah yang normal dan sehat.Kekurangan potasium pada ibu hamil dapat menjadi pemicu terjadinya komplikasi yang tidak diinginkan, sering kram pada kaki dan sebagainya.

Bitamin B1

 Ibu hamil juga membutuhkan vitamin B1 atau Thiamin fungsi thiamin bagi tubuh adalah merubah karbohidrat menjadi energi.Dengan asupan vitamin B1 yang cukup maka energi yang dihasilkan lebih baik sehingga proses pertumbuhan bayi lebih optimal.Vitamin B1 juga dapat mencegah penyakit beri-beri

Sumber Lemak Yang Sehat

Lemak pada buah naga memberi Anda energi seain berfungsi mendorong pembentukan otak bayi Anda yang belum lahir.

Hanya dengan mrbgkinsumsi buah naga Anda akan mendaptkan sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, lemak tak jenuh tunggal.

Kalsium

 Buah naga juga mengandung kalsium yang sangat baik, kalsium dapat berfungsi dalam proses pembentukan gigi dan tulang, melancarkan peredaran darah juga mencegah osteoporosis pada ibu serta mencegah komplikasi pada masa kehamilan

Kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi Anda dan menjaga kesehatan bayi Anda. Kalsium juga berperan dalam kontraksi otot. Jadi, jika Anda tidak toleran laktosa dan tidak dapat mengambil produk susu maka buah naga akan membantu menebus kebutuhan Kalsium tambahan dari tubuh Anda.

Mengandung phytochemical

Buah Naga maengandung phytochemical yang merupakan antioksidan kuat yang memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Mencegah Antioksidan

Buah naga mengandung antioksidan, sekaligus dengan vitamin C, beta-karoten dan juga likopen yang dapat mencegah radikal bebas

Kandungan tersebut bekerja bersama dalam merawat radikal bebas, memperbaikiMkerusakan internal, serta menyediakan tubuh dengan tubuh anti-karsinogenik untuk mencegah pertumbuhan tumor

Anti Infeksi

Terinfeksi oleh mikroba yang berbeda menimbulkan risiko bagi janin karena mereka dapat menemukan jalan mereka ke bayi melalui plasenta.

Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang dapt mencegah infeksi, serta menyediakan tubuh antijamur dan antibakteri untuk mengatasi mikroba yang sudah ada.

Sifat antibakteri dan antijamur dari buah lezat ini menghambat pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur di organ Anda dan membantu Anda memerangi infeksi bakteri dan jamur selama kehamilan. Juga, konsumsi regenerasi sel dan penyembuhan luka dan luka secara efektif

Pertumbuhan Tulang Bayi

Kalsium bukan satu-satunya aspek yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulangnya. Fosfor juga memainkan peranan penting di dalamnya, dan keduanya hadir dalam buah naga dalam jumlah yang baik. Mereka juga bekerja untuk menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu juga.

Mencegah Preeklampsia

Kehadiran hipertensi pada wanita hamil meningkatkan risiko pre-eklampsia dengan jumlah yang sangat besar. Buah naga membantu menjaga tingkat tekanan darah yang stabil serta gula darah menjaga komplikasi yang terkait dengan kehamilan seminimal mungkin.

Cara Memilih Buah Naga Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Kita tahu jika buah naga sangat baik bagi kesehatan namun jika dalam memilih buah naga kurang teliti ini bisa jadi akan mengurangi manfaatnya.

Buah yang masih muda atau rusak atau busuk dan berulat tidak disarankan untuk dikonsumsi karena ini tidak sehat.
Bagaimana cara memilih buah naga yang baik?:

1.Kekenyalan Buah

Untuk memastikan buah naga sudah matang, tekan pada kulit buah naga yang akan dipilih.

Jika  buah naga terasa empuk artinya buah tersebut sudah cukup matang dan  jika buah naga keras artinya buah naga belum cukup matang dan belum saatnya dikonsumsi.

2. Aroma Buah Naga

Buah naga  matang memiliki aroma segar khas buah naga.

Pastikan memilih buah yang beraroma agar tidak salah dan mendapatkan buah matang dan baik.

3.Batang Buah Naga

Ketika buah masih di pohon periksalah batang buahnya, buah yang sudah matang memiliki batang yang lembut, jika batang buah masih terasa keras saat ditekan kemungkinana masih muda atau mentah.

4.Teliti Kulit Buah Naga

Buah naga merah yang bagus memiliki warna pink yang cerah dan mulus.
Jangan pernah memilih buah naga rusak yang berlubang atau busuk karena bisa jadi ada ulat di dalamnya, juga jangan memilih buah naga yang memar  dan tersayat atau terluka.

Dari Berbagai Sumber.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *