Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

MANFAAT BUAH MANGGIS BAGI IBU HAMIL

Manggis atau dalam bahasa latin adalah garciana mangostana memiliki segudang menfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah manggis diidentifikasi memiliki ciri-ciri  kulitnya yang tebal, berwarna ungu dan dagingnya yang berair berwarna putih.

Buah ini kaya akan bermacam vitamin dan mineral penting dan asam folat sebagai zat dalam makanan  yang terbukti sangat baik untuk masa kehamilan baik ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Namun manggis juga kebanyakan memiliki rasa asam yang cukup kuat sehingga tidak sedikit para ibu hamil ragu untuk mengkonsumsi manggis lantaran keasaman rasa  buah manggis dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin itu sendiri.

Alih-alih mengharapkan manfaat dari buah manggis namun tidak sedikit para ibu hamil justru merasa khawatir yang berlebihan.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Manggis?

Buah ini sangat terkenal manfaatnya bahkan ada yang menyebutnya sebagai buah obat, terutama di Asia Tenggara.

Manggis juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat untuk janin serta kesehatan ibu.
Secara umum aman untuk makan manggis selama kehamilan. Namun, seperti semua hal lainnya, Anda harus membatasi konsumsi buah manggis dan makan dalam jumlah sedang saat Anda hamil.

Manggis membantu memasok mineral, vitamin, dan juga folat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin , melindungi bayi  yang belum lahir dari cacat lahir, kelainan secara efektif.

Namun lagi-lagi meskipun banyak ahli menyatakan jika manggis aman dikonsumsi oleh ibu hamil alangkah baiknya jika anda menanyakan kepada dokter kandungan apakah anda boleh mengkonsumsi buah manggis.

Pada saat anda memeriksakan kandungan anda, konsultsikan hal tersebut kepada dokter pemeriksa tentang keadaan janin dan apakah aman jika mengkonsumsi buah mnggis, jika janin memiliki keadaan khusus dan tidak disarankan untuk mengkonsunsi buah manggis maka sebaiknya urungkan keinginan anda untuk mengkonsumsi manggis.

Sebaliknya jika kondisi janin sehat dan aman dan dinyatakan boleh mengkonsumsi manggis maka anda boleh tersenyum lega karena manfaat buah manggis memanglah sangat baik untuk ibu yang sedang hamil bahkan untuk janin yang dikandungnya.

Konsumsi manggis dengan jumlah wajar bagi para wanita hamil memberikan banyak manfaat dan kebaikan yang akan dibahas selanjutnya.

Manfaat Buah Manggis Bagi Ibu Hamil

Tidak hanya membantu memberikan nutrisi bagi janin, manggis juga membantu mencegah cacat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk bayi.

Berikut adalah 13 manfaat penting buah manggis untuk wanita hamil:

1.Mengurangi risiko cacat lahir pada janin:

Manggis kaya kandungan folat, 1 cangkir manggis mengandung sekitar 61 mikrogram folat nutrisi yang sangat penting bagi wanita hamil karena mencegah cacat lahir seperti cacat otak dan tulang belakang pada bayi.

Manggis juga mengurangi kemungkinan bayi dilahirkan dengan bibir sumbing atau langit-langit dan masalah jantung.

Karena itu, makan manggis saat Anda hamil untuk melindungi janin Anda dari kelainan.

2.Baik untuk pertumbuhan janin:

Manggis juga diperkaya mangan yang merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk pembentukan tulang rawan dan sistem kerangka pada janin Anda.
Ini sangat baik membantu  perkembangan bayi  yang belum lahir.Kandungan mangan dalam buah manggis juga berperan dalam membantu sistem kerangka dan mendukung bentuk tulang rawan secara normal.
Minum segelas jus manggis segar selama kehamilan akan memberikan tubuh Anda sekitar 0,2 mg mangan.
Selain itu, sifat antioksidan dari manggis membantu Anda dan janin Anda terhindar dari kerusakan sel.

3.Meningkatkan Kekebalan Ibu Hamil

Manggis mengandung sejumlah besar vitamin C yang sangat penting bagi kesehatan janin Anda. Secangkir manggis segar dapat memasok sekitar 5,7 mg vitamin C.
Vitamin C tidak hanya membantu memperkuat kekebalan Anda tetapi juga meminimalkan risiko infeksi yang mungkin berbahaya bagi janin selama kehamilan.

Vitamin C juga merangsang pembuatan kolagen yang membantu kulit mempertahankan elastisitasnya, sesuatu yang sangat penting bagi wanita hamil karena semakin bertambahnya usia kehamilan maka membutuhkan elastisitas kulit karena kehamilan semakin membesar dan kalogen mengakomodasi pertumbuhan tersebut.

4.Mencegah Kanker

Senyawa seperti xanthones yang ada dalam buah manggis membantu mencegah kanker secara efektif.
Xanthones akan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh  selama masa kehamilan.
Jadi, buah ini juga membantu melindungi ibu dan janin dari resiko kanker  yang merupakan penyakit mematikan.

5.Mencegah Diabetes

Manggis adalah obat alami yang bagus untuk ibu diabetes.
Makan manggis selama kehamilan akan membantu mengelola kadar gula darah secara efektif dan melindungi Anda dari efek berbahaya diabetes saat ibu hamil.

6.Mengurangi risiko stroke

Manggis juga dapat membantu mengurangi risiko stroke. Temuan penelitian menunjukkan efek perlindungan kardio manggis pada sistem pertahanan jaringan antioksidan dan peroksidasi lipid selama stroke.

7.Mencegah sembelit

Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengah wanita hamil menderita gejala sembelit selama kehamilan.
Makan manggis segar dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sembelit. Hanya 1 cangkir buah segar juga memasok sekitar 3,5 gram serat yang membantu meningkatkan pergerakan usus halus.
Plus, serat dalam manggis juga membantu meminimalkan risiko komplikasi seperti preeklampsia.

8.Mencegah peradangan

Jika wanita hamil menderita penyakit yang berhubungan dengan peradangan, makan manggis dapat meringankan derita akibat peradangan.. Setelah peradangan berkurang, manggis dapat mencegah timbulnya masalah kesehatan yang lebih kronis seperti penyakit jantung, kanker dan masalah pernapasan.

9.Mengurangi kemungkinan preeklampsia

Manggis juga mengurangi risiko preeklampsia, yang disebabkan karena tekanan darah tinggi yang disebabkan karena genetika, pola makan, dan masalah pembuluh darah terkait. Dengan makan manggis selama kehamilan, segala komplikasi yang disebabkan karena preeklamsia dapat sangat berkurang.

10.Mengatur kadar kolestrol selama masa kehamilan

Dengan mengonsumsi  manggis, kadar kolesterol tidak hanya berkurang pada ibu hamil, tetapi kadar trigliserida juga dikendalikan sehingga jantung berfungsi optimal.

11.Menormalkan pencernaan

Manggis sangat efektif dalam menghilangkan maag, sindrom iritasi usus, gas, diare dan refluks asam dan gangguan pencernaan lainnya, kandungan serat pada manggis dapat membuat wanita hamil yang mengalami masalah pencernaan merasa lega dengan memakan buah ini karena pensernaan jadi lebih sehat dan BAB jadi normal.

Ini akan menghasilkan kesehatan keseluruhan yang lebih baik bagi ibu hamil.

12.Mengatasi keluhan berbagai penyakit

Manggis yang kaya akan xanthones juga memiliki dampak positif pada pengobatan infeksi saluran kemih , TBC, eksim, demam, gonore, sariawan, dan disentri.

13.Mencegah Alergi

Manggis juga merupakan histamin alami yang dapat menangkal alergi. Antioksidan dan vitamin yang terkandung dalam daging dan kulit manggis membantu memerangi efek buruk dari radikal bebas dan menurunkan peradangan yang disebabkan oleh alergi dalam tubuh.

Kesimpulan

Nilai gizi buah manggis membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin dan melindunginya dari segala cacat lahir dan kekurangan gizi. Ini membuatnya sangat penting bagi wanita hamil untuk makan manggis. Namu sebelum makan buah manggis, bicarakan dengan dokter Anda dan pastikan aman untuk Anda.

Meskipun apa yang dikandung dalam buah   manggis  memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil namun sekali lagi dokter bisa saja berpendapat lain terutama pada keadaan khusus.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *