Manfaat Buah Manggis Untuk Diet

Manfaat Buah Manggis Untuk Diet-770

MANFAAT BUAH MANGGIS UNTUK DIET

Benarkah buah  manggis dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan terutama meraka yang sedang atau ingin menjalani program diet?

Jika anda kebetulan sedang mencari tahu mudah-mudahan ulasan mengenai manfaat buah manggis untuk menurunkan berat badan dapat memberikan penjelasan yang diperlukan.

Buah Manggis Membantu Melawan Obesitas

Bagi yang terkena obesitas atau kelebihan berat badan mereka dapat menjadikan manggis ke dalam makanan mereka karena memiliki efek anti-obesitas.

Fakta tentang khasiat buah manggis dalam menurunkan berat badan juga ternyata banyak dimuat di media termasuk artikel kesehatan yang memberikan data berbagai penelitian.

Beberapa penelitian yang menguji tentang fakta buah manggis itu antara lain:

  • 1.Dikutip dari sebuah media online Belanda yang  menuliskan  bahwa ada sebuah penelitian yang telah diterbitkan didalam Journal of Medicinal Food dan menunjukkan jika manggis mengatur energi dan metabolisme hati.
  • 2.Ilmuwan Korea  juga  menyelidiki efek manggis terhadap sindrom metabolik pada tikus yang diberi diet tinggi lemak.

Sindrom metabolik adalah kelompok keadaan , yaitu tekanan darah tinggi,  gula darah tinggi, kelebihan lemak di pinggang dan kolesterol abnormal atau  yang semua terjadi secara bersamaan.

Sindrom metabolik akan meningkatkan risiko berbagai macam penyakit seperti  jantung, stroke dan diabetes, dan umumnya  terjadi pada orang dengan berat badan berlebihan atau obesitas.

Pengujian Dengan Buah Manggis

Pada penelitian tersebut tim memberikan ekstrak manggis tikus 200 mg / kg.

Hasilnya menunjukkan bahwa pengobatan dengan ekstrak manggis menghasilkan penurunan berat badan. Selain itu, terjadi penurunan kadar glutamat, glukosa, trigliserida, kolesterol total dan asam lemak bebas.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti-obesitas karena efeknya pada metabolisme energi dan pada homeostasis asam lemak.

Selain fakta tentang penelitian tersebut manggis secara klinis adalah buah yang memiliki kandungan vitamin penting untuk kesehatan, sebut saja vitamin C, manggis mengandung vitamin C yang cukup baik.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang menginginkan untuk menurukan berat badan.

Manggis juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan vitamin C yang berlimpah tersebut, meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih.

Kandungan vitamin C juga berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan kulit. Buahnya juga bisa mengurangi tanda penuaan.

Manggis juga  mengandung setidaknya 20 xanthone yang dikenal secara alami merupakan senyawa polifenol.

Zat ini dapat  mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dan melindungi tubuh terhadap penyakit seperti pilek, kondisi jantung, dan bahkan kanker.

Manggis juga  baik untuk jantung. Buahnya mengandung kalium, tembaga, magnesium, dan mangan, yang dapat membantu mengatur tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dengan mempertahankan detak jantung normal dan mengurangi risiko serangan jantung.

Buah ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Manggis juga secara tradisional telah digunakan untuk mengobati jerawat. Sifat antibakteri dan antimikroba, serta kandungan xanthone manggis, dapat mengurangi risiko penyakit kulit dengan memperbaiki sel-sel yang rusak.

.Manggis membantu pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dari buah menjadikannya obat yang bagus untuk masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Ini juga meningkatkan asupan prebiotik, yang bermanfaat untuk usus.

Dengan beragam fakta tentang manfaat manggis maka bisa disimpulkan buah manggis adalah buah yang baik dan bermanfaat untuk diet.

Namun buah manggis juga harus diimbangi dengan pola dan gaya hidup yang baik, penurunan berat badan akan menjadi efektif jika memulai usaha lain secara disiplin.

Olahraga yang teratur, makan makanan yang sehat dan dikonsumsi dengan pola diet yang baik (mintalah nasehat dokter dan ahli gizi untuk mendapatkan informasi menu makanan untuk program diet paling tepat)

Semoga bermanfaat

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *