Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL

Buah alpukat memiliki rasa yang lembut dan segar jika dijadikan menu utama pembuat jus buah ataupun jenis es buah lain, buah alpukat kaya akan vitamin a, b, d, e, k, asam folat, fosfor, magnesium, dan kalsium. Buah ini juga mengandung banyak omega 3 dan seng.

Pada setiap 100 gram daging buah alpukat, ditemukan 19% lemak, 7% gula, dan 2% protein.

Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat luar biasa. Mengkonsumsi buah alpukat secara teratur dapat mengurangi penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, anti tumor, mengencangkan kulit, dapat menangkal Alzheimer dan depresi.

Selain itu, alpukat membantu pertumbuhan massa otot dan lutein yang terkandung di dalamnya membantu melindungi terhadap penyakit penglihatan.

Lantas bagaimana manfaat alpukat utuk para ibu hamil? Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi alpukat?

Berikut penjelasan mengenai manfaat buah bagi ibu hamil secara lengkap.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Ibu Hamil

Alpukat aman saat kehamilan karena alpukat terbukti sebagai buah ajaib yang hebat untuk kesehatan anda selama kehamilan, sehingga patut untuk dimasukkan sesering mungkin dalam diet Anda.

Intinya ibu hamil boleh makan buah alpukat bahkan buah ini merupakan buah yang dapat memberikan kebaikan bagi ibu hamil, dibawah adalah penjelasan manfaat buah alpukat untuk bumil.

Mencegah Mual dan Muntah di Pagi Hari

Terutam para ibu hamil pada 3 bulan pertama sering mengalani mual, pusing dan muntah.

Orang kebanyakan menganggap hal ini wajar bahkan sebagian dari mereka menganggap jika ini hanyalah efek ngidam biasa.

Meski umumnya mual ini tidak membahayakan namun kehadiran mual dan muntah yang disertai pusing pada pagi hari tentu sangat menyiksa dan membuat hari anda tidak nyaman.

Padahal banyak orang yang membuktikan  bahwa alpukat dapat membantu mencegah dan menyembuhkan mual, dan sebagainya. Alasan ilmiah untuk ini mungkin karena jumlah vitamin B6 dalam alpukat.

Mencegah Kelaianan Pada Janin dan Mencegah Bayi Lahir Cacat

Alpukat dapat mencegah penyakit dan kelainan pada janin terutama karena kaya akan asam folat yang merupakan salah satu manfaat kesehatan  alpukat terbesar selama kehamilan  yang sangat penting dalam perkembangan awal bayi Anda.

Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan folat yang cukup maka pertumbuhan janin lebih baik, dapat menghindari bayi cacat saat lahir .

Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti Vitamin A, B, C, D, E, dan K sangat penting untuk perkembangan kehamilan Anda. Dengan mengkonsumsi alpukat maka pada setiap 100g nya  memastikan 4% dari dosis harian vitamin B6, C dan E yang disarankan terpenuhi, serta 1mg zat besi sebagai bonus yang akan didapatkan.

Nutrisi tersebut sangat juga membantu tubuh dalam memperkuat kekebalan tubuh.

BACA JUGA; MANFAAT BUAH PLUM UNTU IBU HAMIL

Mengandung Mineral Penting

Buah alpukat juga memiliki kandungan mineral penting yang sangat baik dan diperlukan bagi ibu hamil.

Ini meliputi kandungan magnesium, fosfor, niasin dan riboflavin, elemen yang memastikan sekitar 2% dari dosis harian yang direkomendasikan.

Mengobati Sembelit dan Masalah Pencernaan

Buah alpukat kaya akan serat alami, yang penting untuk pencernaan sehigga sistim pencernaan tidak bermasalah.

Ketika anda mengetahui bahwa anda sedang hamil mungkin anda mulai merubah cara dan pola makan harian, pola makan yang berubah dan pengaruh hormonal bisa mempengaruhi sistim pencernaan.

Buah alpukat disarankan pada ibu hamil karena buah ini juga mampu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan, BAB jadi lancar dan mencegah sembelit.

Alpukat ukuran sedang mengandung 10g serat, artinya 8% dari dosis harian yang direkomendasikan, serat makanan inilah kandungan alami buah alpukat yang baik untuk sistim pencernaan.

BACA JUGA; MANFAAT BUAH NAGA UNTUK IBU HAMIL

Mencegah  Anemia

Wanita hamil sangat dianjurkan mengkonsumsi buah sehat yang banyak mengandung nutrisi, agar kondisinya tetap segar dan sehat.

Kekurangan zat besi  maka ibu pada masa kehamilan bisa terancam anemia.
Anemia umumnya ditandai dengan  lesu, lemah dan mudah capek serta sering mengantuk.

Buah alpukat memilki kandungan zat besi yang  dapat mencegah dan mengobati mereka yag memiliki resiko terkena anemia pada masa kehamilan.

Mengontrol Kolesterol dan Gula Darah

Pada wanita hamil sering  kolesterol naik karena mereka mengalami kegemukan dan penambahan berat badan yang jauh lebih cepat.

Alpukat terbukti  bisa mencegah kenaikan kadar kelesterol dan mengatasi kenaikan gula darah pada masa kehamilan jika dikinsumsi secara teratur.

Meringankan dan Mencegah Kram dan Kesemutan pada Kaki

Wanita hamil sering mengeluh karena harus mengalami penderitaan kram dan juga kesemutan pada kaki , beruntung karena  kalium dan kalsium pada alpukat dapat mencegah serta mengurangi kram dan juga kesemutan jika dikonsumsi secara teratur.

Baik untuk Perkembangan Otak Pada Janin

Kandungan sekitar 22mg klorin pada buah alpukat ukuran sedang  dapat berfungsi untuk meningkatkan perkembangan otak pada janin.

Dismping itu klorin juga ternyata merupakan faktor penting dalam perkembangan syaraf sehingga sangat baik untuk para ibu dan janinya.

BACA JUGA; MANFAAT BUAH MANGGIS BAGI IBU HAMIL

Membantu Sistim Penyerapan Vitamin

Bukan hanya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik ternyata buah alpukat juga dapat membantu penyerapan vitamin dari sumber makanan yang lain.
Buah alpukat akan menyerap karotenoid, antioksidan dari ubi jalar, sera sayuran dan juga wortel.

Mengandung Lemak Sehat Yang Berlimpah

Meski alpukat memiliki kadar lelmak yang tinggi namun lemak yang dikandung bua alpukat merupakan sumber lemak baik dan sehat dan tidak membuat kegemukan, alpukat juga mengandung lemak omega-3 dan 6 yang sangat bermanfaat bagi janin selama di dalam kandungan.

Mencegah  Kegemukan

Banyak ibu hamil sering takut kegemukan karena konsumsi makanan yang bertambah, namun ternyata mengkonkumsi buah alpukat secara wajar justru sebaliknya, buah alpukat terbukti  mengandung serat makanan yang cukup  tinggi,  serat ini akan bekerja dalam membantu mengurangi resiko obesitas  karena 25% serat larut akan membantu kinerja bakteri baik disaluran pencernaan sehingga proses pembusukan sisa makanan menjadi kotoran berjalan baik dan meningkatkan kesehatan metabolisme.

Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Buah alpukat mengandung potassium yang  diketahui dapat mengurangi tekanan darah.

Tekanan darah yang baik akan membuat kinerja jantung semakin ringan dalam memompa aliran darah dan jantung dan akan jadi lebih sehat.

Kesimpulan

Meski secara umum buah alpukat baik bagi ibu hamil namun bukan berarti konsumsi buah allpukat boleh dikonsumsi tanpa batas.

Apapun jenis makanan dan seberapapun manfaatnya makanan akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Konsumsilah buah alpukat secara wajar untuk mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.

Jika anda ragu atau tidak yakin karena suatu keadaan khusus pada kehamilan sebaiknya konsultsikan dokter kandungan anda.

Semoga bermanfaat.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *