Manfaat Luar Biasa Kulit Buah Naga yang Perlu Diketahui

MANFAAT KULIT BUAH NAGA

MANFAAT KULIT BUAH NAGA

Buah naga (Hylocereus polyrhizus) atau Pitaya muncul dalam produk promosi kesehatan selain aplikasi yang dikenal dalam makanan yang memiliki efek nutrisi dan dekoratif.

Dalam genus Hylocereus, daging buah memiliki berbagai warna, yaitu putih, merah, dan ungu, termasuk kulit merah dan kuning.

Daging buah naga ini dikonsumsi secara populer dalam buah segar, dan jus juga merupakan zat tambahan untuk aplikasi pewarnaan es krim, buah naga menunjukkan sifat anti-inflamasi dan antidiabetes dengan efek penekanan pada penyakit kardiovaskular termasuk potensi pencegahan kanker .

Jus buah naga sekarang diproduksi secara industri sebagai minuman fungsional untuk melayani kebutuhan konsumen akan suplemen alami yang meningkatkan kondisi kesehatan yang baik.

Buah dianggap sebagai makanan fungsional dan karenanya dianggap sebagai produk makanan dengan nilai ekonomi tinggi.

Manfaat kesehatan buah naga inilah alasan mengapa buah naga memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi.

Para dokter juga sering meminta proses penyembuhan, terutama saat pasca operasi sehingga luka pasca operasi cepat kering.

Buah naga memiliki rasa sedikit asam dan memiliki kandungan kalori rendah sehingga sangat baik bagi mereka yang mengalami diabetes atau kadar gula darah tinggi dan sedang dalam program penurunan berat badan.

Selain fakta tentang manfaat buah naga untuk kesehatan ternyata kulit dari buah naga yang selama ini hanya diangaap sampah juga memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia.

Baca Juga:

Manfaat Kulit Buah Naga

Kulit Naga Sebagai Pewarna Alami 

Kekhawatiran keamanan terhadap warna sintetis telah meningkat, menyebabkan tingginya permintaan untuk warna alami

Produk ekologis sangat dibutuhkan oleh konsumen, serta penerapan bahan baku tersebut ke dalam kosmetik hijau.

Warna dari kulit buah naga jarang diperkenalkan. Juga, aktivitas antioksidan, kandungan fenolik dan flavonoid total, dan karakterisasi fenolik dalam kulit belum pernah dilaporkan.

Selain itu, evaluasi stabilitas warna yang disiapkan tidak pernah ditangani. Dengan demikian, warna alami yang dibuat dari kulit buah naga layak untuk diekstraksi menggunakan metode yang praktis dan layak.

Aktivitas biologis dan kestabilan warna  memungkinkan pemanfaatan produk pertanian ini secara ekonomis dan berkelanjutan sehingga mengurangi limbah yang dibuang.

Selain itu, keuntungan tinggi dari industri makanan dapat tercapai.

Kulit buah naga merupakan sumber potensial warna merah-ungu untuk makanan dan dekorasi kosmetik.

Asal ekologisnya adalah memenuhi perspektif ekonomi dan preferensi konsumen untuk produk ramah lingkungan juga.

Selain itu, aktivitas antioksidan moderat berdasarkan fenolik menunjukkan multifungsi aplikasi limbah buah ini. Selain itu, kulit buah naga dapat digunakan sebagai sumber alternatif asam klorogenat alami, kuersetin, dan asam galat untuk aplikasi perawatan kesehatan lainnya.

Kulit Buah Naga untuk Masker Wajah

Kulit buah naga mengandung vitamin E, Menggunakan masker wajah dari kulit buah naga akan membuat kulit terlihat lebih bersih, lebih kencang, putih dan terasa lebih muda dan mampu menghilangkan kerutan.

Obat  Alami untuk Masalah Pembuluh Darah

Kulit buah naga dipercaya mengandung taraxast, pentacyclic dan triyepene yang sangat baik untuk sirkulasi darah.

Senyawa ini mampu membuat pembuluh darah menjadi lentur dan tetap sehat.

Manfaat ini luar biasa mengingat bahwa hanya ada obat kimia yang mampu melakukan tugas ini dan ini adalah salah satu terobosan terbaru dari dunia kesehatan dan dapat digunakan sebagai obat alami untuk masalah pembuluh darah.

Mengobati Tumor

Kulit buah naga juga dapat mencegah dan mengatasi tumor, kulit buah naga mengandung senyawa yang memiliki peran aktif untuk menghambat pertumbuhan sel abnormal yang bisa menjadi tumor, anda bisa menjadikannya sebagai minuman herbal.

Cara membuatnya sangat mudah gunakan kulit buah naga sebagai bahan seduhan layaknya meminum the atau dengan cara merebusnya dan mengambil air rebusan kulit buah naga.

Kulit Buah Naga untuk Mencegah Kanker

Kulit buah naga juga bisa menjadi salah satu obat herbal untuk berbagai jenis kanker.

Kanker adalah penyakit yang sangat mematikan di dunia dan Anda dapat menghindarinya dengan obat herbal yang terbuat dari buah naga.

Jika Anda dalam masa pengobatan kanker, akan lebih baik bagi Anda jika Anda mengambil obat herbal

Cara Menikmati Kulit Buah Naga

Mungkin anda bertanya-tanya bagaimana cara menikmati kulit buah naga untuk mendapatkan manfaat yang ada pada kulit tersebut?

Sekarang sudah ada ekstrak kulit buah naga yang dijual dipasaran sehingga cukup mudah untuk mengkonsumsi kulit buah naga tersebut.

Jika anda ingin lebih hemat anda bisa mengeringkan kulit buah naga yang telah dipotong-potong dan mengeringkanya untuk kemudian dijadikan bahan minuman layaknya kita membuat teh.

Anda juga dapat memanfaatkan kulit buah naga segar yang telah dibersihakan untuk dijadiakan jus kulit buah naga, cukup gunakan blender dan tambahakan madu sebagai pemanis atau bisa juga membuat jusa buah naga tanpa dibuang kulitnya bersama-sama.

  Note: Artikel disusun dari berbagai sumber yang kami anggap terpercaya namun kami tidak menjamin setiap informasi yang ditampilkan di sini adalah akurat dan artikel ini dibuat hanya untuk penambah pengetahuan saja, jika anda mendapati keluhan atau perlu tindakan pengobatan kunjungi dokter anda untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *