Sep 08

Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan


Khasiat dan Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan , Buah Belimbing merupakan salah satu tanaman yang berasal diri Negara Indonesia, India dan Srilanka. Tanaman buah belimbing banyak ditemukan di daerah yang beriklim tropis. Tanaman Belimbing saat ini juga sudah menyebar luas di penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Buah belimbing dikenal oleh masyarakat eropa dengan nama star fruit karena bentuknya seperti bintang bila di potong dan dilihan secara horisontal.

Bentuk Pohon belimbing

Pohong buah belimbing bisah tumbuh hingga mencapai 5 m, pohon belimbing juga mudah unutk ditanam dan pohon juga tidak memerlukan sinar matahati untuk hidup. Mengenai daun, pohon belimbing memiiki daun yang panjangnya bisa mencapai 50 cm.

Bentuk dan rasa buah belimbing

Buah ini mimiliki kandungan vitamin C cukup tinggi dan memiliki rasa yang manis bila sudah masak. Bentuk buah beliming adalah bulat panjang dengan rusuk tajam yang berjumlah lima, memiliki warna hijau bila belum sangat masak dan berubah kuning kehijauan saat buah benar-benar masak.

Buah belimbing

Gambar buah belimbing

Kandungan gizi buah belimbing

Adapun gizi yang lain terkandung dalam buah belimbing adalah Energi, Karbohidrat , Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), Folat (Vit. B9), Vitamin C, Fosfor, Seng, Kalium.

Berikut kandungan lengkapnya.

Nilai kandungan gizi buah belimbing / 100 g (3.5 oz
Energi : 128 kJ (31 kcal)
Karbohidrat : 6.73 g
Gula : 3.98 g
Diet serat : 2.8 g
Lemak : 33 g
Protein : 1.04 g
Asam pantotenat (B5) : 0.39 mg (8%)
Folat (Vit. B9) : 12 mg (3 %)
Vitamin C : 34.4 mg (57%)
Fosfor : 12 mg (2%)
Kalium : 133 mg (3%)
Seng : 12 mg(1%)
Sumber USDA Nutrient database

Khasiat buah belimbing

Buah belimbing yang kaya akan serat dan air ini memiliki banyak manfaat. Buah ini sangat cocok dikonsumsi setiap hari, buah belimbing juga cocok untuk berdiet, serta terhindar dari tekanan stroke akibat tekanan darah tinggi.

Pada ibu menyusui, makan buah belimbing sangatlah cocok untuk meningkatkan produksi susu. Kalium yang terdapat pada buah belimbing membantu untuk mencegah kram otot, sedangkan kalsium dapat memperkuat tulang dan gigi. Yang ebih baik dari buah ini adalah mengandung rendah sodium, kolesterol dan lemak.

Berikut beberapa manfaat buah belimbing:

  1. Buah belimbing banyak mengandung vitamin khususnya A dan C. ini sangat bermanfaat sekali guna meningkatkan daya tahan terhadap berbagai penyakit. Dua vitamin tersebut terdapak zat yang berfungsi sebagai antioksidan.
  2. Buah belimbing juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan dapat sebagai pengontrol berat badan agar tetap stabil.
  3. Buah belimbing yang manis mengandung zat pektin. Zat ini berguna untuk mengurangi kolesterol mencegah hepatitis dan memperlancar buang air besar.
  4. Bagi penderita kencing batu, buah belimbing juga bisa sebagai obat kencing batu dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dengan di campur madu alami.
  5. Makan buah belimbing secara langsung sangat bermanfaat sekali untuk mencegah infeksi mulut dan tenggorokan.

Selain bagiaan buah yang memiliki khasiat, ternyata daun dan akar belimbing juga bisa kita manfaatkan untuk obat. Daun belimbing bisa mengatasi penyakit sakit maag, susah buang air kecil dan juga bisa mengobati penyakit bisul. Sedangkan akarnya berkhasiat untuk dapat menyembuhkan rematik.

Dari sekian banyaknya khasiat yang ada, ternyata buah ini kurang baik bila dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki masalah pada ginjal karena terdapat kandungan asam oxalat. Buah belimbing memiliki cukup tinggi kandungan zat gulanya sehingga sangat disarankan penderita diabetes untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing ini.

Cara penyajian buah belimbing

Agar khasiatnya tidak hilang cara memekannya juga harus bersih dong, tidak harus langsung makan saja. Kalau buah kotor dan langsung dimakan bukan manfaat yang kita dapat malah jadi sakit gara-gara makan buah yang kotor. Kalau gitu langsung saja, berikut cara penyajian buah belimbing.

  1. Memilih buah: buah yang baik adalah yang memiliki warna kuning cerah dengan adanya kehijau hijauan. Bila rusuk berwarna kecoklatan, itu tidak apa-apa karena buah masih baik.
  2.  Cucu buah dengan air sampai bersih.
  3. Potong tepi luar atau rusuk yang berjumlah lima, potong atau lupas kelima rusuknya.
  4. Poting buah yang nantinya akan berbentuk bintang atau sesuka selera.
  5. Dan siap di makan sebagai cemilan atau cucu mulun dan lebih nikmat kalau di taruh di kulkas dulu

Di indonesia, Daerah yang terkenal akan penghasil buah belimbing adalah di Daerah Demak, jawa tengah. Buah Belimbing yang dihasilkan daerah Demak terkenal akan buahnya yang cukup besar, kalau di bandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Di samping itu hasil buah dari daerah Demak memiliki warna (kuning cerah) yang begitu menggoda dan ingin segera memakannya bila sudah melihat serta memiliki rasa buah yang manis.

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu untuk membaca manfaat buah belimbing, untuk mengetahui manfaat buah lainnya anda bisa klik “Khasiat buah-buahan dan manfaatnya”.

Manfaat buah | manfaatbuah.net