Feb 18

Khasiat dan Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan


Khasiat dan Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan ,Siapa yang tak mengengal buah yang satu ini. Yah…Buah ketimun atu biasa yang dikenal dengan istilah akrab timun mudah dijumpai dimana-mana. Buah ini baik dan segar sebagai minuman, pendamping makanan, bahkan untuk disantap langsung. Bagi sebagian besar dari kita mungkin sering mengonsumsi buah mentimun atau ketimun. Buah yang dalam bahasa latin bernama Cucumis sativus ini  sering kita jumpai dalam setiap hidangan, terutama lalapan, salad, atau acar.

Nah, bagi anda yang belum tahu tentang buah timun maupun manfaatnya, yuk simak selengkapnya artikel dibawah ini.

Ciri-ciri tanaman buah timun:

Memtimun atau Ketimun mempunyai sulur dalam bentuk spiral yang keluar disisi tangkai daun. Sulur ketimun adalah batang yang termodifikasi dan ujungnyapeka terhadap sentuhan. Bila menyentuh galah misalnya, sulur akan mulaimelingkarinya. Dalam 15 jam sulur tersebut telah melekat kuat pada galah itu.Kira-kira sehari setelah sentuhan pertama sulur mulai bergelung, ataumenggulung dari bagian ujung maupun pangkal sulur. Gelung-gelung terbentukmengelilingi suatu titik di tengah sulur yang disebut titik gelung balik. Dalam 24 jam, sulur telah tergulung ketat. Batang tanaman ketimun berbulu kasar, basah, dan mempunyai panjang 0,5 hingga 2,5meter. Daunnya merupakan daun tunggal, letaknya berseling, bertangkaipanjang, dan bentuknya bulat telur lebar. Daun ini bertajuk 3 hingga 7 dengan pangkalberbentuk jantung, ujungnya runcing dan tepinya bergerigi. Panjangnya 7 hingga 18 cm,lebar 7 hingga 15 cm, dan warnanya hijau. Daging buah ketimun mengandung banyak air yang berwarna putih ataukekuningan. Di dalam buah terdapat banyak biji yang bentuknya lonjongmeruncing pipih dan warnanya putih kotor.

Khasiat Buah Timun

Kandungan sehat yang dimiliki buah timun:

Mentimun memiliki kandungan 0,65 % protein, 0,1 % lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 %. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Manfaat :

1.      Obat sariawan

Timun sangat bermanfaat dalam meredakan sariawan. Dengan memakannya setiap hari dalam jumlah cukup banyak, maka sariawan dan rasa panas ditenggorokan akan hilang.

2.      Perawatan kulit dan wajah

Timun sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan airnya mampu menyegarkan kulit wajah. Cara memakainya pun sangat mudah. Letakkan irisan timun pada wajah beberapa saat, lalu gosokkan perlahan-lahan pada seluruh wajah dan leher.

3.      Pembersih wajah

Buah timun juga cocok digunakan sebagai pembersih wajah agar terlihat segar.

4.      Memperlancar air seni dan menurunkan darah tinggi.

Buah timun merupakan salah satu obat terbaik melancarkan air seni dan juga menurunkan darah tinggi. Selain itu jenis sayuran ini enak dimakan mentah serta menyehatkan.

5.      Mata sering lelah dan mengantuk

Buah timun juga dipercaya sebagai pereda rasa lelah dan kantuk pada mata. Tempelkan irisan timun sebesar mata setiap tiga menit selama 20 menit pada kelopak mata untuk mengatasi sering lelah dan mengantuk.

6.      Obat jerawat

Ambil timun sebiji, iris-iris secukupnya sesuai kebutuhan. Tempelkan pada muka, khususnya daerah yang berjerawat.

7.      Obat demam

Ambil timun dua-tiga biji. Parut dan peras airnya. Tempelkan parutan buah pada bagian perut. Lakukan hingga demam mereda.

8.      Timun kaya akan silikon dan fluorin dan rendah kandungan kalorinya.

Kalium membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak. Baik untuk kulit kering, kulit yang terbakar sinar matahari, eksem, gangguan hati, serta untuk kesehatan rambut dan kuku. Gunakan sebagai pasta untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan, dan kulit yang terbakar matahari.

Terima kasih anda sudah meluangkan waktu untuk membaca manfaat buah Timun ini, untuk mengetahui manfaat buah lainnya anda bisa klik “Manfaat Buah-Buahan”.

Manfaat buah | manfaatbuah.net